Penulis Utama : Adelina Rizka Nurmalasari
NIM / NIP : D1512001
×

ABSTRAK
Piutang merupakan salah satu harta lancar perusahaan yang turut berperan dalam kelancaran operasional perusahaan.Untuk menghindari resiko kerugian, maka manajemen perusahaan perlu melakukan review secara menyeluruh tentang penagihan terhadap perusahaan.PT Tirta Investama DC Solo merupakan salah satu perusahaan yang menerapkan penjualan kredit kepada para pelanggannya.Agar tidak terjadi piutang yang tidak tertagih perusahaan menerapkan prosedur yang baik yang digunakan dalam penagihan piutang.Penagihan piutang berperan penting dalam perputaran keuangan perusahaan.
Metode pengamatan ini menggunakan jenis pengamatan deskriptif kualitatif, yaitu pengamatanyang berusaha menggambarkan keadaan atau fenomena sosial tertentu yang memaparkan, menafsirkan, dan menaganalisa data yang ada.Untuk memperoleh data yang sesuai digunakan studi pustaka dan pengamatan langsung di lapangan meliputi metode observasi, dokumentasi, wawancara dan partisipasi langsung pada Divisi Keuangan PT Tirta Investama DC Solo.
Prosedur penagihan pasar modern pada PT Tirta Investama DC Solo dilakukan oleh Adm Collection dan Kolektor penagihan.Adm Collection bertugas untuk memberi jadwal penagihan dan menyusun dokumen penagihan yang dibutuhkan. Setelah semua dokumen lengkap dan telah ditetapkan jadwal penagihan, Kolektor langsung melakukan penagihan dan memberikan hasil penagihan kepada Adm Collection untuk dilakukan proses pelunasan ke bagian kasir. Berdasarkan hasil pengamatan dapat disimpulkan bahwa, Prosedur Penagihan Piutang Pasar Modern pada PT Tirta Investama DC Solo secara umum sudah berjalan dengan baik.
Kata kunci : Prosedur, Piutang dan Prosedur Penagihan Piutang

×
Penulis Utama : Adelina Rizka Nurmalasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1512001
Tahun : 2015
Judul : Prosedur Penagihan Piutang Pasar Modern pada PT Tirta Investama DC Solo
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2015
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog. DIII Manajemen Administrasi-D1512001-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Herwan Parwiyanto, S.Sos., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.