Penulis Utama : Ari Mahmuddah
NIM / NIP : K1211009
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan:(1) kualitas proses pembelajaran membaca intensif pada siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali  melalui model kooperatif tipe Think Pair and Share, dan (2) hasil kemampuan membaca intensif pada siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali melalui model kooperatif tipe Think Pair and Share.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA yang berjumlah 25 siswa dan guru Bahasa Indonesia kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus.Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, tes, dan analisis dokumen. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis  deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari deskripsi  catatan lapangan dan hasil observasi dalam proses pembelajaran. Data kuantitatif diperoleh dari hasil hitung statistik deskriptif berupa mean dan  persentase pada suatu siklus dengan siklus berikutnya dan dengan melakukan uji validitas instrumen butir soal yang digunakan.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa dalam membaca intensif dapat ditingkatkan dengan menerapkan model kooperatif tipe Think Pair and Share.Secara proses, keberhasilan ditunjukkan dengan meningkatnya keaktifan, perhatian, dan kesungguhan siswa selama pembelajaran membaca intensif berlangsung. Berdasarkan hasil analisis, kualitas proses keaktifan siswa mencapai 28% pada siklus I menjadi 84 % pada siklus II. Perhatian mencapai  44% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II. Kesungguhan siswa mencapai 60% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II. Peningkatan  hasil kemampuan membaca intensif juga dapat dilihat dari meningkatnya jumlah siswa yang hasil membaca intensifnya mencapai skor ≥75 pada setiap siklus. Hasil kemampuan membaca intensif siswa pada siklus I  adalah 42% dan pada siklus II adalah 75%.  
Simpulan penelitian  ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipeThink Pair and Share dapat meningkatkan proses dan hasil kemampuan membaca intensif siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali.
Kata Kunci: membaca intensif, Think Pair and Share, model pembelajara
kooperatif

×
Penulis Utama : Ari Mahmuddah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1211009
Tahun : 2015
Judul : Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif Melalui Model Kooperatif Tipe Think Pair and Share pada Siswa Kelas XI IPA 4 Sma Negeri 1 Ngemplak Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Ilmu Pendidikan-K1211009-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suyitno,M.Pd.
2. Drs. Slamet Mulyono, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.