Penulis Utama : Rosita Ayu Saraswati
NIM / NIP : F3412072
×

ABSTRAK
Studi ini merupakan penerapane-Filingyangbertujuan untuk mengetahui keefektivitasan penggunaan fasilitas e-Filing terhadap kepuasan Wajib Pajak dalam pelaporan SPT Tahunan dan untuk mengetahui apa saja yang meningkatkan penyampaian SPT melalui e-Filingdan kesulitan yang terjadi dalam penyampaian SPT.
Metode yang digunakan dalam studiini adalah kualitatif deskriptif. Selain itu, studi ini merupakan studi kasus ganda. Data diperoleh dengan beberapa metode yaitu kuesioner dan wawancara dengan para informan.
Hasil studi ini membuktikkan ketidakefektifan e-Filing dalam penyampaian SPT di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Boyolali. Hal tersebut dibuktikan dari hasil questioner yang diberikan kepada 28 responden yang mengatakan bahwa 80% penggunaan e-Filling belum dapat diterapkan karena sulit dipahami oleh pengguna.
Kesimpulan dari studi ini adalah sistem penyampaian SPT melalui e-Filing terbukti tidak efektif di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Boyolali. Hampir seluruh responden tidak memahami sistem e-Filing. Selain itu, jaringan internet yang belum menyebar ke seluruh wilayah.
Kata kunci: e-Filing, Pelaporan SPT, Kantor Pelayanan Pajak.
ABSTRACT
The study is the implementations of e-Filing that to determine the effectiveness ofusing e-Filing facility toward the satisfaction of taxpayers in annual reporting at Pratama Tax Office Boyolali.
The method applied in this study is qualitative research. In addition to that, it is multiple case studies. Data were collected with methods such as questionnaires and interview with informants.
The result of this study proves that ineffectiveness of using e-Filing at Pratama Tax Office Boyolali. This is evidence from the result of the questioner that given to 28 respondents who said 80% the use of e-Filing cannot be applied because difficult understood by the user.
The conclusion of this study is delivery of SPT system is not proved effective at Pratama Tax Office Boyolali. Almost all respondents do not understand about e-Filing system. In addition, the internet connection has not connected throughout the region.
Key words: e-Filing, annual report SPT, Tax office.

×
Penulis Utama : Rosita Ayu Saraswati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3412072
Tahun : 2015
Judul : Pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi dengan Menggunakan E-Filing pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Boyolali Tahun 2014-2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2015
Program Studi : D-3 Perpajakan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Prog. DIII Perpajakan-F3412072-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Titik Setyaningsih, SE., M.Si., Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.