Penulis Utama : Lisa Dewi Kurniawati
NIM / NIP : F3212045
×

Pemasaran Relasi adalah bentuk strategi yang berkomitmen pada hubungan baik antar pelanggan dan perusahaan dalam jangka waktu yang panjang. Pemasaran relasi merupakan pengenalan dari setiap pelanggan secara lebih dekat dengan menciptakan komunikasi dua arah dan dengan mengelola suatu hubungan yang saling menguntungkan antara pelanggan dan perusahaan (Chan 2003). Pemasaran relasi sangat memperhatikan kenyamanan dan kemudahan akses bagi pelanggan dalam berkomunikasi dengan perusahaan.

Penelitian ini dilakukan pada PT Telkom Indonesia Cabang Surakarta dengan tujuan unntuk mengetahui bagaimana menerapkan strategi pemasaran relasi dengan baik dengan adanya fasilitas yang ada dan koneksi yang terjalin dengan beberapa pihak PT Telkom Indonesia Cabang Surakarta. Selalu berusaha meningkatkan jumlah pelanggan baru, dan lebih  meningkatkan kepedulian pada pelanggan yang sudah lama mempercayai dan memakai jasanya. Hal ini dilakukan untuk mendukung hubungan yang baik dengan pelanggan agar mampu untuk berjalan dengan jangka waktu yang lama.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada PT Telkom Indonesia Cabang Surakarta bahwa strategi pemasaran relasi yang diterapkan pada produk jasa indihome mampu untuk  memberikan ekspetasi pada pelanggan, karena telkom sendiri menyediakan beberapa produk jasa dengan kebutuhan konsumen dan memberikan pelayanan yang sama baiknya dan tidak memandang segi kemampuan berlangganan konsumennya. Hal ini dilakukan agar hubungan yang terjalin antara pelanggan dan perusahaan berjalan baik dan dalam jangka waktu yang lama.

Kata Kunci : Pemasaran Relasi

Relationship marketing is a form of strategy that is committed to the good relationship between the customer and the company in the long term. relationship marketing is the introduction of each customer are closer to creating a two-way communication and by managing a mutually beneficial relationship between the customer and the company (Chan 2003). Relationship marketing very concerned about the comfort and ease of access for customers to communicate with the company.

This research was conducted at PT Telkom Indonesia Surakarta Branch in order to determine how to implement marketing strategies to better relations with the existing facilities and connections are intertwined with several parties PT Telkom Indonesia Surakarta Branch. always trying to increase the number of subscribers and further improve customer care on a long-trust and to use his services. halini done to support a good relationship with the customer to be able to walk with a longer period of time.
Based on research conducted at PT Telkom Indonesia Surakarta Branch that relationship marketing strategy that is applied to products indihome services able to provide the  customer expectations, due to its own telecom services provides several products to consumer needs and provide the same service and do not look as good in terms of the ability of consumers subscribe , this is done so that the relationship between the customer and the company went well and in the long term.

Keywords : Relationship Marketing

×
Penulis Utama : Lisa Dewi Kurniawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3212045
Tahun : 2015
Judul : Penerapan Strategi Pemasaran Relasi Telkom Indihome Pada PT Telkom Indonesia Cabang Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2015
Program Studi : D-3 Manajemen Pemasaran
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis Program Diploma III Manajemen Pemasaran-F0211076-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Heru Purnomo, MM
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.