Penulis Utama : Angga Dian Toro
NIM / NIP : K4410004
×

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Latar belakang peristiwa Deir Yassin 1948, (2) Proses peristiwa Deir Yassin 1948, (3) Dampak peristiwa Deir Yassin, (4) Relevansi peristiwa Deir Yassin dengan pembelajaran Sejarah Asia Barat Daya II di Program Studi Pendidikan Sejarah.
Penelitian ini menggunakan metode historis. Sumber data penelitian adalah sumber tertulis baik primer maupun sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka yang dilaksanakan diberbagai perpustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis historis. Langkah-langkah yang ditempuh dalam metode historis sebagai berikut: (1) Heuristik, (2) Kritik, (3), Interprestas, (4) Historiografi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Peristiwa Dier Yassin dilatar belakangi oleh perbedaan pandangan antara Arab Palestina dan Yahudi tentang sejarah Palestina dan kekalahan Turki Ottoman dalam perang dunia I dan cita-cita pendirian Negara Yahudi oleh Zionis, (2) peristiwa Dier Yassin tahun 1948 telah direncanakan dengan matang melalui rencana Dallet. Pembantaian Deir Yassin dilakukan dengan mendadak dan kejam, (3) Peristiwa Deir Yassin membawa dampak secara politik, sosial, dan ekonomi bagi zionis dan warga Palestina, (4) peristiwa Dier Yassin tahun 1948 merupakan salah satu peristiwa sejarah yang terjadi di kawasan Timur Tengah. Peristiwa Deir Yassin perlu dikaji lebih mendalam. Hal ini dapat dimasukkan menjadi bagian materi masalah Palestina mata kuliah sejarah Asia Barat Daya II yang ada di Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Univesitas Sebelas Maret.

Kata kunci: Deir Yassin, Palestina, Zionis, Yahudi

 

×
Penulis Utama : Angga Dian Toro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4410004
Tahun : 2015
Judul : Rekonstruksi pembantaian deir yassin tahun 1948 dan relevansinnya bagi pembelajaran sejarah asia barat daya ii di program studi pendidikan sejarah fkip UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sejarah-K.4410004-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Isawati, S.Pd, M.A
2. Riyadi,S.Pd, M.A
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.