Penulis Utama : Ely Pambudi
NIM / NIP : D1812029
×

ABSTRAK
Perpustakaan dituntut untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada penggunanya, salah satunya dengan temu balik informasi. Informasi yang akurat adalah terletak pada proses pembuatannya yakni dalam proses entri datanya. Adapun tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana cara proses entri data buku menggunakan program INLISLITE pada layanan koleksi deposit di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. 2) Untuk mengetahui alasan penggunaan program INLISLITE di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta untuk proses entri data buku pada layanan koleksi deposit. 3) Untuk mengetahui hambatan dan pemecahan masalah dalam entri data buku pada bagian layanan koleksi deposit menggunakan program INLISLITE di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam penulisan Tugas Akhir ini untuk memperoleh data dan informasi, penulis menggunakan beberapa metode diantaranya; Metode Observasi, Wawancara, dan Metode Dokumentasi. Dalam Tugas Akhir ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Data yang dimasukan dalam entri data buku mencakup nomor panggil, pengarang, judul, edisi, deskripsi fisik, penerbit, kota terbit, dan subjek. 2) Penggunaan INLISLITE adalah untuk menghimpun data koleksi nasional dalam bentuk Katalog Induk Nasional (KIN) dan Bibliografi Nasional Indonesia (BNI) serta membantu pembentukan Katalog Induk Daerah (KID) dan Bibliografi Daerah (BID). 3) Hambatan penggunaan program INLISLITE adalah koneksi internet yang berjalan lambat dan aliran listrik sering terputus. Solusinya adalah dengan membatasi akses internet dengan menggunakan passworddan menambahdaya listrik yang digunakan.
Adapun saran yang dapat penulis sampaikan agar dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi kemajuan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, diantaranya adalah: Mengganti jaringan internet menjadi Local Area Network (LAN) agar koneksi berjalan stabil dan lebih cepat, membatasi akses internet dengan memberikan passwordagar tidak disalah gunakandan menambah daya listrik yang digunakan agar tidak terjadi lagi putusnya aliran listrik.
Kata kunci: Entri data, INLISLITE, Koleksi deposit

×
Penulis Utama : Ely Pambudi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1812029
Tahun : 2015
Judul : Proses Entri Data Buku Menggunakan Software Inlislite pada Layanan Koleksi Deposit di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2015
Program Studi : D-3 Perpustakaan
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog. DIII Perpustakaan-D1812029-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rahmat Setiawan Saefullah, S.S, M.I.kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.