Penulis Utama : Athia Tamyizatun Nisa
NIM / NIP : K3110010
×

Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan suatu produk panduan bimbingan interaksi sosial berbasis kecerdasan interpersonal untuk peserta didik SMP yang telah valid menurut ahli dan praktisi.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan langkah pengembangan hanya dilakukan sampai pada uji validitas ahli dan praktisi. Langkah-langkah penelitian yang dilaksanakan diawali dengan pengumpulan data lapangan, perencanaan, pengembangan draf produk, uji validitas, dan revisi produk. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang ahli dan lima orang praktisi. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara dan lembar penilaian. Pedoman wawancara digunakan untuk pengumpulan data di lapangan melalui wawancara guru bimbingan dan konseling. Sedangkan lembar penilaian digunakan untuk uji validitas isi yang dilakukan oleh ahli dan praktisi. Analisis data menggunakan teknik statistik prosentase.
Hasil uji validitas menunjukkan rata-rata nilai yang diperoleh dari ahli dan praktisi sebesar 82,1 %. Berdasarkan tabel kriteria validitas termasuk dalam kriteria cukup valid, atau dapat digunakan namun perlu direvisi kecil. Artinya, produk panduan bimbingan interaksi sosial berbasis kecerdasan interpersonal layak untuk digunakan namun perlu dilakukan revisi kecil. Revisi dilakukan berdasar pada saran perbaikan yang diberikan oleh ahli dan praktisi.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Panduan Bimbingan Interaksi Sosial Berbasis Kecerdasan Interpersonal telah memenuhi kriteria valid menuruh ahli dan praktisi.
Kata kunci: panduan bimbingan, interaksi sosial, kecerdasan interpersonal

×
Penulis Utama : Athia Tamyizatun Nisa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3110010
Tahun : 2015
Judul : Panduan bimbingan interaksi sosial berbasis kecerdasan interpersonal untuk peserta didik smp (Penelitian dilakukan di SMP N 1 Kartasura Tahun Ajaran 2014/ 2015)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Bimbingan dan Konseling-K.3110010-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Wagimin, M.Pd
2. Dra. Wardatul Djannah, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.