Penulis Utama : Wilis Budiarsy
NIM / NIP : D1512089
×

ABSTRAK
Production planning(perencanaan produksi) dan inventory control(pengawasan gudang) merupakan aktivitas yang terdiri dari kegiatan planning (perencanaan) yang digunakan untuk mengambil keputusan-keputusan untuk masa yang akan datangdancontrolling (pengawasan) yang merupakan suatu tindak lanjut perencanaan  dilaksanakan dan diinterprestasikan dengan tepat.
Tujuan dari pengamatan ini adalah untuk mengetahui prosedur pelaksanaan production planning dan juga inventory controldalam kelancaran produksi pada PT. Tirta Investama Klaten dan mengetahui kendala yang mungkin dihadapi dalam proses pembuatan rencana produksi dan pelaksanaan pengawasan gudang agar dapat dijadikan pedoman dalam mencari pemecahan masalah dalam kelancaran produksi yang ada pada PT. Tirta Investama Klaten.
Jenis pengamatan yang digunakan adalah diskriptif kualitatif dengan menggambarkan prosedur pembuatan rencana produksi dan pelaksanaan pengawasan gudang  yang dituangkan dalam bentuk kalimat-kalimat dan diagram alir berdasarkan fakta-fakta yang ada. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumen dan arsip penunjang data. Sumber data diperoleh berdasarkan Narasumber atau informan, peristiwa yang terjadi, lokasi tempat peristiwa berlangsung dan juga dokumen yang ada.
Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan di PT. Tirta Investama Klaten, diketahui bahwa seluruh kegiatan dilukan dengan aplikasi SAP. Prosedur pembuatan rencana produksi adalah dengan menentukan rencana jangka panjang  berupa budget forecast Yn+1 dan rencana jangka pendek berupa budget forecast Wn+2.  Sedangkan pengawasan gudang dilakukan secara pasif oleh bagian PPIC dan secara aktif dilakukan oleh pelaksana gudang material, gudang produksi, dan proses produksi. Pembuatan production planning oleh PT. Tirta Investama Klaten sudah baik dengan membuat grafik tren permintaan sebagai pertimbangan dalam melakukan proses produksi, namun dalam pelaksanaan pengawasan masih dijumpai beberapa pegawai yang melakukan input data hasil produksi ke aplikasi SAP tidak sesuai waktu sebenarnya.
Kata Kunci : Production Planning, Inventory Control, Aqua.
ABSTRACT
The production planning and inventory control is an activity consisting of planning activities were used to take decisions for the future and controlling (supervision) which is a follow-up of plan was well implemented and interpreted.
The observation purposes were known the implementation procedure of production planning and inventory control in the smooth production of PT.Tirta Investama Klaten and known the obstacles were encountered in the process of production planning and inventory control to be used as guidelines to find solutions to problems existing in the smooth production at PT.Tirta Investama Klaten.
The observation type is descriptive qualitative which imaging the production plan-making procedures and the implementation warehouse supervision as outlined in the form of sentences and flow diagram based on the facts available.Data collection techniques such as observation, interviews, archival documents and supporting data. The data sources was obtained based on informant, events, the location where the incident took place and also documents.
Based on the observation results were conducted at PT.Tirta Investama Klaten, known that all of activities were performed by SAP applications.The procedure of making production plan was determined the long-term plan in the form of budget forecasts Yn + l and short-term plans in the form of a budget forecast Wn + 2.While the inventory control was carried passively by PPIC section and actively carried out by implementing material warehouse, production warehouse, and production processes. The making of production planning of PT.Tirta Investama Klaten is good to make a graph trends in demand as a consideration in the process of production, but in the implementation of surveillance still found some employees who perform input production data to SAP applications does not match to the actual time.
Keywords: Production Planning, Inventory Control, Aqua.

×
Penulis Utama : Wilis Budiarsy
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1512089
Tahun : 2015
Judul : Pelaksanaan Production Planning dan Inventory Control pada PT. Tirta Investama Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog. DIII Manajemen Administrasi-D1512089-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ali, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.