Penulis Utama : Alina Margono
NIM / NIP : K1310005
×

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan pengetahuan metakognitif siswa yang menjawab benar danyang melakukan kesalahan dalam memecahkan masalah kontekstual terkait materi bangun datar segitiga berdasarkan tahapan Polya.
Subjek penelitian diambil dari siswa kelas VII B SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014 melalui teknik purposive, didasarkan pada jawaban pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi. Subjek terpilih adalah dua siswa yang secara konsisten menjawab benar dan dua siswa yang melakukan kesalahan dalam memecahkan masalahpada setiap tes pemecahan masalah. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara berbasis tugas.Validasi data dilakukan dengan triangulasi waktu.Teknik analisis data meliputi tiga kegiatan, yaitu mereduksi dan menyajikan data lalu menarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh, subjek yang menjawab benar menunjukkan bahwa penggunaan sub tipe dari pengetahuan metakognitif pada tahap memahami masalah dan menyusun rencana meliputi pengetahuan strategis, pengetahuan tentang tugas kognitif, dan pengetahuan-diri. Pada tahap melaksanakan rencana, subjek menunjukkan penggunaan pengetahuan strategis dan pengetahuan tentang tugas kognitif. Pada tahap memeriksa kembali hanya menunjukkan penggunaan pengetahuan strategis. Siswa yang melakukan kesalahan dalam memecahkan masalah kontekstual menunjukkan bahwa pada tahap memahami masalah, subjek menggunakan sub tipe pengetahuan metakognitif berupa pengetahuan strategis dan pengetahuan tentang tugas kognitif. Pada tahap menyusun dan melaksanakan rencana pemecahan masalah, subjek hanya menunjukkan penggunaan pengetahuan strategis. Karena subjek tidak memeriksa kembali pemecahan masalah yang ia lakukan sehingga tidak menunjukkan penggunaan satu tipe pun dari pengetahuan metakognitif.
Kata kunci: metakognisi, pengetahuan metakognitif, pengetahuan strategis, pengetahuan tentang tugas kognitif, pengetahuan-diri

 

×
Penulis Utama : Alina Margono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1310005
Tahun : 2015
Judul : Analisis penggunaan pengetahuan metakognitif siswa dalam memecahkan masalah kontekstual berdasarkan tahapan polya (Penelitian Dilakukan Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Matematika-K.1310005-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mardiyana, M.Si
2. Henny Ekana Chrisnawati, S.Si, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.