Penulis Utama : Nevi Luvita Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K.3110042
Tahun : 2015
Judul : Bimbingan kelompok teknik permainan edukatif ular tangga untuk meningkatkan kerjasama dalam belajar pada peserta didik kelas vii smp n 23 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Bimbingan dan Konseling-K.3110042-2015
Subyek : ULAR TANGGA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan permainan ular tangga yang layak dan efektif sebagai pengembangan media layanan bimbingan kelompok teknik permainan edukatif untuk meningkatkan kerjasama dalam belajar pada peserta didik kelas VII SMP N 23 Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang menghasilkan permainan ular tangga yang layak dan efektif sebagai pengembangan media layanan bimbingan kelompok teknik permainan edukatif untuk meningkatkan kerjasama dalam belajar pada peserta didik kelas VII SMP N 23 Surakarta. Guna mengetahui efektivitas permainan menggunakan eksperimen dengan desain One Group Pretes – Posttest Design, yaitu penelitian dengan menggunakan satu kelompok yang diberi pretest ,lalu mendapatkan treatment, dan diakhiri dengan pemberian posttest. Sehingga hasilnya dapat dibandingkan antara skor sebelum mendapat treatment atau pretest dengan skor sesudah mendapat treatment atau posttest. Treatment berupa permainan ular tangga yang layak dan efektif sebagai pengembangan media layanan bimbingan kelompok teknik permainan edukatif untuk meningkatkan kerjasama dalam belajar pada peserta didik kelas VII SMP N 23 Surakarta yang dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP N 23 Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah valid sejumlah 39 item. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS 16 dengan teknik Paired Samples T Test.
Hasil penelitian yang sesuai dengan rumusan masalah penelitian, menunjukan bahwa: a) Gambaran secara umum kerjasama dalam belajar pada peserta didik kelas VII SMP N 23 Surakarta berada pada kategori sedang, yang diperoleh dari perhitungan menggunakan aplikasi SPSS 16. b) Permainan edukatif ular tangga dapat dikatakan layak, hal ini terbukti dari penilaian ahli dan praktisi terhadap produk yang berada pada kategori sangat baik dengan prosentase rata-rata 88,43%. c) Layanan bimbingan kelompok teknik permainan edukatif ular tangga dinyatakan efektif berdasarkan hasil treatment melalui analisis statistik menghasilkan taraf signifikansi 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang dibuktikan adanya peningkatan nilai mean dari skor 123,97 sebelum mendapat treatment menjadi 133,03 sesudah mendapat treatment.
Simpulan penelitian ini adalah bimbingan kelompok teknik permainan edukatif ular tangga efektif untuk meningkatkan kerjasama dalam belajar pada peserta didikkelas VII SMP N 23 Surakarta.
Kata kunci : permainan edukatif, ular tangga, kerjasama dalam belajar

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
AWAL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
IMG_20150622_0014.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Asrowi, M.Pd
2. Drs. Ahmad Syamsuri, M.M
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP