Penulis Utama : Atika Fikri Tsani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F.0111013
Tahun : 2015
Judul : Analisis pengaruh variabel makro ekonomi terhadap harga saham emiten sub sektor semen di bursa efek Indonesia tahun 1993 – 2013
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi Jur. Ekonomi Pembangunan-F.0111013-2015
Subyek : HARGA SAHAM
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi harga saham emiten sub sektor semen di Bursa Efek Indonesia (BEI). Emiten sub sektor semen dalam penelitian ini terdiri dari PT Indocement Tunggal Prakartsa (INTP), PT Holcim Indonesia (SMCB) dan PT Semen Indonesia (SMGR). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah harga saham PT Indocement Tunggal Prakartsa (INTP), harga saham PT Holcim Indonesia (SMCB) dan harga saham PT Semen Indonesia (SMGR), inflasi, tingkat suku bunga SBI, laju pertumbuhan ekonomi dan nilai tukar US dollar terhadap rupiah.
Data yang digunakan adalah data berbentuk sekunder yang bersifat kuantitatif dan diperoleh dari berbagai sumber dalam rentang waktu 1993-2013 dengan jenis rentang waktu time series dan pendekatan Vector Autoregression First Difference (VAR FD). Pendekatan VAR FD digunakan untuk mendeteksi hubungan timbal balik atau kausalitas dua arah yang dinamis antar variabel independen dan variabel dependen. Berdasarkan hasil estimasi harga saham PT Indocement Tunggal Prakarsa TBK. (INTP) pada first difference adalah variabel tingkat tingkat suku bunga SBI dan laju pertumbuhan ekonomi memiliki hubungan negatif dan tidak signifikan. Untuk variable inflasi dan nilai tukar rupiah terhadap dolar adalah positif dan tidak signifikan. Kemudian harga saham PT Holcim Indonesia (SMCB) pada first difference adalah variabel inflasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan. Untuk variabel tingkat suku bunga SBI nilai tukar US dollar terhadap rupiah dan laju pertumbuhan ekonomi adalah positif dan tidak signifikan. harga saham PT Semen Indonesia (SMGR) pada first difference adalah tingkat tingkat suku bunga SBI dan laju pertumbuhan ekonomi berpengaruh negatif. Untuk variabel inflasi dan nilai tukar US dollar terhadap rupiahadalah positif.
Dalam upaya peningkatan harga saham, PT Indocement Tunggal Prakarsa TBK dan PT Semen Indonesia (SMGR) perlu memperhatikan tingkat tingkat suku bunga SBI dan laju PDB. Untuk PT Holcim Indonesia (SMCB) perlu memperhatikan variabel inflasi saja.
Kata Kunci: harga saham emiten sub sektor semen, inflasi, tingkat suku bunga SBI, laju pertumbuhan ekonomi dan nilai tukar US dollar terhadap rupiah.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
AWAL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
IMG_20150622_0012.jpg
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Riwi Sumantyo, S.E., M.M.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis