Penulis Utama : Hirman Ari Wibawa
NIM / NIP : S500809017
×

Latar belakang:. Clubfoot pada Arthrogryposis sangat rigid, sehingga sulit untuk dikoreksi dan mudah terjadi relaps. Hasil pembedahanpun ternyata juga menunjukkan angka kegagalan yang tinggi dan mengalami banyak komplikasi. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan metode Ponseti untuk penanganan Clubfoot pada AMC dan Idiopatik Clubfoot.
Metode : Penelitian dilakukan di klinik Clubfoot RS Ortopedi Prof.Dr.R. Soeharso Surakarta, sejak Maret 2013 sampai Agustus 2013. Evaluasi penanganan dengan metode Ponseti ada 2 hal: (1) proses terapi (jumlah pengegipan saja atau pengegipan dengan pembedahan (2) hasil terapi (dievaluasi dengan derajat gerakan pasif pada dorsifleksi, heel varus valgus dan forefoot inversi eversi pada kunjungan terakhir lalu dinilai dengan Functional Rating System for Clubfoot, dibandingkan pada AMC dan Idiopatik Clubfoot, lalu diuji statistik).
Hasil : Telah dievaluasi pasien AMC Clubfoot sebanyak 23 pasien (41 kaki). Didapatkan rata-rata pengegipan sebanyak 6,95 kali. Ada 6 kaki (14,63%) hanya dengan pengegipan saja, 23 kaki (56,09%) diikuti dengan percutaneus ATL, 2 kaki (4,87%) diikuti dengan open ATL, dan 10 kaki (24,39%) diikuti dengan Posterior Release (ATL + Dosal Capsulotomy). Telah dievaluasi pasien Idiopatik Clubfoot sebanyak 30 pasien (41 kaki). Didapatkan rata-rata pengegipan sebanyak 5,51 kali. Ada 6 kaki (14,63%) hanya dengan pengegipan saja, 22 kaki (54,70%) diikuti dengan percutaneus ATL, 10 kaki (24,31%) diikuti dengan open ATL, dan 3 kaki (7,42%) diikuti dengan Posterior Release . Proses treatment pada Idiopatik lebih cepat dibandingkan pada AMC dan bermakna secara statistik. Clinical outcome semuanya memberikan hasil yang memuaskan,akan tetapi pada Idiopatik memberi hasil yang lebih baik dibandingkan pada AMC dan bermakna secara statistik.
Kesimpulan : Metode Ponseti sebagai terapi AMC clubfoot dan Idiopatik Clubfoot di Rumah Sakit Orthopaedi Soeharso Surakarta memberikan hasil yang memuaskan. Kami menganjurkan metode Ponseti sebagai terapi lini pertama untuk AMC club foot dan Idiopatik Clubfoot pada anak.
Kata kunci : Metode Ponseti, AMC Clubfoot, Idiopatik Clubfoot, Rumah Sakit Ortopedi Soeharso Surakarta, Indonesia

 

×
Penulis Utama : Hirman Ari Wibawa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S500809017
Tahun : 2015
Judul : Perbedaan treatment process dan clinical outcome pada penatalaksanaan arthrogryposis multiple congenita clubfoot dan idiopathic clubfoot dengan metode ponseti di klinik clubfoot rs ortopedi prof.dr.r.soeharso Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Biomedik
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Kedokteran Keluarga-S .500809017-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr.Anung B Satriadi, Sp. OT
2. dr.Brian Wasita , Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.