Penulis Utama : Taufik Hidayat E.y
NIM / NIP : S861308022
×

Media pembelajaran dapat mempermudah guru menyampaikan materi dalam proses pembelajaran, maka penelitian ini mengembangkan media karikatur. Karikatur tersebut merupakan karikatur peristiwa sekitar kemerdekaan Indonesia yang merupakan kajian materi pelajaran sejarah pada siswa kelas XI IIS. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penggunaan media dalam pembelajaran sejarah di SMA N 2 Purwokerto sekarang ini, 2) Untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis karikatur yang dapat meningkatkan wawasan kebangsaan siswa di SMA N 2 Purwokerto, 3) Untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran sejarah berbasis karikatur di SMA N 2 Purwokerto.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengacu pada penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Borg dan Gall serta Sugiyono. Model hipotetik ini mengadopsi dari model ADDIE dari Molenda. Model ADDIE menggunakan lima tahap pengembangan, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Produk yang dihasilkan berupa karikatur dengan pembuatan manual kemudian diedit menggunakan software corel draw dan adobe photoshop yang pada akhirnya menghasilkan media pembelajaran berupa buku karikatur. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, kuesioner dan tes. Hasil wawancara dan observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan kuesioner dan tes dianalisis secara kuantitatif.
Hasil penelitian menyebutkan bahwa: 1) Penggunaan media pembelajaran dalam mata pelajaran sejarah di kelas XI IIS SMA N 2 Purwokerto masih kurang bervariasi; 2) Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis karikatur ini dikembangkan sesuai dengan model ADDIE. Media yang dikembangkan dinilai baik dengan rata-rata 84,47. Wawasan kebangsaan siswa juga dinilai tinggi dengan rata-rata 81,60; 3) Efektivitas media pembelajaran dianalisis dengan uji t. Berdasarkan uji t diperoleh tHitung = 4,063 dengan probabilitas signifikansi 0,000 dan lebih kecil dari probabilitas signifikansi 5% (p < 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok memiliki prestasi yang berbeda. Uraian tersebut membuktikan bahwa produk media pembelajaran sejarah berbasis karikatur yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan prestasi dan wawasan kebangsaan siswa.
Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran, karikatur, kemerdekaan Indonesia, wawasan kebangsaaan

 

×
Penulis Utama : Taufik Hidayat E.y
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861308022
Tahun : 2015
Judul : Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis karikatur untuk meningkatkan wawasan kebangsaan (studi di sma n 2 Purwokerto)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Sejarah-S.861308022-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Wasino, M.Hum
2. Dr. Leo Agung S, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.