Penulis Utama : Yaya Sulthon Aziz
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S541208108
Tahun : 2015
Judul : Pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar ditinjau dari motivasi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Kedokteran Keluarga-S.541208108-2015
Subyek : PRACTICE REHEARSAL PAIRS
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar Belakang: Proses belajar adalah proses yang sifatnya kompleks dan menyeluruh. Dalam praktikum farmakognosi, metode pembelajaran dan motivasi dibutuhkan sebagai kecakapan hasil belajar sehingga mampu menghasilkan prestasi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pembelajaran metode Practice Rehearsal Pairs dan konvensional terhadap prestasi belajar siswa ditinjau dari motivasi belajar praktikum farmakognosi di SMK Kesehatan BIM Ponorogo.
Subjek dan Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan “ Post test only with control group”. Sampel terdiri atas 53 siswa kelas X jurusan keahlian Farmasi dengan di bagi menjadi dua kelompok, 29 siswa kelas XF2 untuk kelompok pembelajaran dengan metode Practice Rehearsal Pairs dan 24 siswa kelas XF1 untuk kelompok pembelajaran konvensional. Variabel terikat adalah pengetahuan tentang praktikum farmakognosi, variabel bebas adalah metode pembelajaran dan motivasi, yang dikumpulkan dengan kuesioner tertutup yang telah diuji validitas dan reliabilitas, dengan Alpha Cronbach 0,837. Data dianalisis menggunakan uji Anova dua arah.
Hasil: Terdapat perbedaan prestasi belajar antara model pembelajaran Practice Rehearsal Pairs dan model konvensional dengan nilai p- value sebesar 0,019. Berdasarkan motivasi belajar menghasilkan nilai signifikan p- value sebesar 0,000. Dari nilai p- value < 0,05 berarti ada perbedaan antar kedua kategori motivasi. p- value sebesar 0,010 juga ditunjukkan pada uji keberadaan interaksi model pembelajaran dengan motivasi belajar.
Simpulan: Ada perbedaan model pembelajaran Practice Rehearsal Pairs dengan metode konvensional terhadap prestasi belajar. Motivasi rendah dengan motivasi tinggi juga terdapat perbedaan terhadap prestasi belajar. Adanya interaksi metode pembelajaran terhadap prestasi belajar ditinjau dari motivasi.
Kata kunci: practice rehearsal pairs , motivasi belajar, prestasi belajar.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
IMG_20150622_0010.jpg
yaya sulthon aziz JURNAL.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Nunuk Suryani, MPd
2. Dr. dr. Hari Wujoso, Sp.F, M.M
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana