Penulis Utama : Agus Lukman Hakim
NIM / NIP : K2508092
×

Tujuan penelitian adalah (1) menyelidiki pengaruh penggunaan 2 busi terhadap emisi gas buang CO sepeda motor Yamaha Jupiter Z tahun 2009, (2) menyelidiki pengaruh putaran mesin terhadap emisi gas buang CO sepeda motor Yamaha Jupiter Z tahun 2009, (3) menyelidiki pengaruh bersama (interaksi) variasi jumlah busi dan variasi putaran mesin terhadap emisi gas buang yang dihasilkan sepeda motor Yamaha Jupiter Z tahun 2009.
Penelitian dilakukan di Dinas Perhubungan Komunikasi Dan Informatika dengan alamat Jl. Menteri Supeno No. 7 Manahan, Surakarta. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah eksperimen dengan desain faktorial 3x3. Populasi dalam penelitian ini adalah sepeda motor Yamaha Jupiter Z Tahun 2009. Sampel penelitian adalah sepeda motor Yamaha Jupiter Z Tahun 2009 dengan nomor mesin 30C653165 dan nomor rangka F8034661I. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data didapat dari pengukuran emisi gas buang CO mempergunakan alat exhaust gas analyzer. Pengambilan data dengan melakukan 3 kali replikasi, sehingga didapatkan sejumlah 18 data. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis varian dua jalan, setelah itu dilakukan uji scheffe dan chi kuadrat, yang terlebih dahulu dilakukan uji prasarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas menggunakan uji Lilifors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh penggunaan 2 busi terhadap kadar emisi gas buang CO pada motor Yamaha JUPITER Z Tahun 2009, penggunaan 2 busi menurunkan kadar emisi gas buang CO. (2) Ada pengaruh putaran mesin terhadap kadar emisi gas buang CO pada motor Yamaha JUPITER Z Tahun 2009, makin tinggi putaran mesin emisi gas buang CO makin tinggi. (3) Ada pengaruh bersama (interaksi) variasi jumlah busi dan putaran mesin terhadap kadar emisi gas buang CO yang dihasilkan sepeda motor Yamaha JUPITER Z Tahun 2009 dan menunjukkan kadar emisi gas buang CO lebih rendah. (4) Kadar emisi gas buang CO yang paling rendah sebesar 5 % didapatkan pada penggunaan 2 busi.
Keywords: 2 Busi, Putaran mesin, dan Emisi Gas Buang CO

 

×
Penulis Utama : Agus Lukman Hakim
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2508092
Tahun : 2015
Judul : Pengaruh variasi jumlah busi dan variasi putaran mesin terhadap emisi gas buang co sepeda motor yamaha jupiter z tahun 2009
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K.2508092-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ranto, Drs., MT
2. Husin Bugis, Ir. M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.