Penulis Utama : Hanung Fredianto
NIM / NIP : K2510037
×

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui pengaruh variasi komposisi bahan kampas rem non asbestos berbahan serbuk tempurung kelapa terhadap performansi pengereman yang dihasilkan, (2) Mengetahui variasi komposisi campuran bahan kampas rem non asbestos berbahan serbuk tempurung kelapa paling ideal yang mendekati nilai performansi pengereman kampas rem indoparts, (3) Menyusun hasil penelitian ini menjadi bahan ajar mata kuliah komposit di Prodi Pendidikan Teknik Mesin .
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan anilisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Pengujian performansi pengereman menggunakan mesin Prony Brake. Populasi dalam penelitian ini adalah komposit kampas rem berkomposisikan serbuk tempurung kelapa, serbuk aluminium, dan resin epoksi. Sampel penelitian ini adalah variasi komposisi bahan kampas rem yaitu : Spesimen kampas rem 1 dengan komposisi 20% serbuk tempurung kelapa, 40% serbuk aluminium, dan 40% resin epoksi, spesimen kampas rem 2 dengan komposisi 30% serbuk tempurung kelapa, 30% serbuk aluminium, dan 40% resin epoksi, spesimen kampas rem 3 dengan komposisi 40% serbuk tempurung kelapa, 20% serbuk aluminium, dan 40% resin epoksi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Variasi komposisi bahan kampas rem berpengaruh terhadap nilai performansi pengereman. Hal ini ditunjukan dengan nilai koefisien gesek yang berbeda-beda yaitu : Komposisi 1 sebesar 0,456, komposisi 2 sebesar 0,489, komposisi 3 sebesar 0,461. (2) Komposisi paling optimal dibandingkan dengan kampas rem Indoparts dengan nilai koefisien gesek sebesar 0,378 yaitu pada komposisi 2 dengan komposisi 30% serbuk tempurung kelapa, 30% serbuk aluminium dan 40% resin epoksi. Pada komposisi tersebut nilai koefisien gesek sebesar 0,489 . (3) Bahan ajar yang dibuat dari penelitian yang telah dilakukan dapat menambah variasi bahan ajar pada mata kuliah komposit di Prodi Pendidikan Teknik Mesin.
Kata kunci: kampas rem non asbestos, koefisien gesek, komposit, prony brake, serbuk tempurung kelapa.

 

×
Penulis Utama : Hanung Fredianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2510037
Tahun : 2015
Judul : Kaji eksperimental performansi pengereman kampas rem komposit serbuk tempurung kelapa sebagai suplemen materi kajian mata kuliah komposit di prodi ptm jptk fkip Universitas Sebelas Maret Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K.2510037-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ranto HS, M.T.
2. Yuyun Estriyanto, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.