Penulis Utama : Intan Dwi Astuti
NIM / NIP : I0610016
×

Kawasan Solo Baru sebagai kota baru yang tumbuh akibat fenomena “urban sprawl” Kota Surakarta, juga mengalami perkembangan yang semakin maju dan didominasi oleh aktivitas ekonomi terutama industri dan perdagangan-jasa. Hal ini terlihat secara keruangan dari peningkatan penggunaan lahan yang semakin luas dibandingkan aktivitas lainnya.. Perkembangan aktivitas industri dan perdagangan-jasa yang terjadi di kawasan Solo Baru tentunya akan mendorong perubahan pada sisi keruangan kawasan seperti pusat-pusat kegiatan, pola penggunaan lahan dan jaringan jalan n. Untuk itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran perkembangan aktivitas industri dan perdagangan-jasa terhadap perubahan struktur ruang yang terjadi di kawasan Solo Baru.
Metode penelitian ini adalah penelitian deduktif-kuantitatif dengan teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk melihat perkembangan aktivitas industri dan perdagangan-jasa juga perubahan struktur ruang serta deskriptif spasial untuk melihat perubahan keruangan dan menentukan peran.
Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa baik aktivitas industri maupun perdagangan-jasa mengalami perkembangan dari tahun 2002-2014. Perkembangan aktivitas industri dan perdagangan-jasa menyebabkan adanya aglomerasi aktivitas yang mendorong perubahan pada pusat aktivitas yaitu dengan penggabungan beberapa pusat aktivits menjadi satu pusat yang lebih besar terutama pada jalan Ir. Soekarno. Selain itu aktivitas industri dan perdagangan-jasa juga mendorong terjadinya alih fungsi lahan yang kemudian akan berimbas pada pergeseran luasan dan zonasi kawasan fungsional yang ada didalam kawasan. Serta menarik jumlah pergerakan yang lebih banyak yang kemudian mendorong terjadinya perubahan fungsi dan kapasitas jaringan jalan.
Kata Kunci: industri, perdagangan-jasa, perkembangan kegiatan, struktur ruang kawasan

 

×
Penulis Utama : Intan Dwi Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0610016
Tahun : 2015
Judul : Peran perkembangan aktivitas industri dan perdagangan-jasa terhadap perubahan struktur ruang kawasan Solo Baru
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2015
Program Studi : S-1 Perencanaan Wilayah dan Kota
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Perencanaan Wilayah dan Kota-I.0610016-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Murtanti Jani Rahayu ST, MT
2. Ir. Rizon Pamardhi Utomo, MURP
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.