Penulis Utama : Moh. Nurkholis
NIM / NIP : A121208049
×

Renang gaya crawl membutuhkan kelengkapan fisik agar mampu mendapatkan prestasi lebih tinggi disamping penguasaan teknik dan strategi. Komponen kondisi fisik antara lain, kekuatan, daya tahan, daya ledak otot, kecepatan, koordinasi, fleksibilitas, kelincahan, keseimbangan, ketepatan, dan reaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuidiantara faktor fisik power otot tungkai, panjang tungkai, power otot lengan, panjang lengan, kapasitas paru, dan luas telapak tangan, manakah yang paling dominan menentukan prestasi renang gaya crawl pada mahasiswa pembinaan prestasi renang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan analisis faktor, yaitu analisis faktor konfirmatori. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa pembinaan prestasi UNP kediri. Sampel sebanyak 45 mahasiswa diperoleh melalui teknik purposive random sampling. Data yang digunakan diambil melalui serangkaian test terhadap variabel bebas dan terikat. Metode pengujian penelitian ini menggunakan analisis faktor konfirmatori dengan bantuan program SPSS 19 dan amos 21.
Hasil pengujian hipotesis penelitian terbukti dari enam faktor fisik yang diteliti bahwa empat faktor fisik yang memberikan kontribusi yang signifikan terhadap prestasi renang gaya crawl 50 M. Faktor fisik tersebut antara lain: kapasitas paru, power otot tungkai, panjang lengan, dan power otot lengan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diambil kesimpulan bahwa faktor fisik yang mendukung prestasi renang gaya crawl pada mahasiswa pembinaan prestsi berturut-turut adalah : Kapasitas Paru dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,362, Power Otot Tungkai dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,339, Panjang lengan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,330, Power otot lengan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,275. Dan dua faktor yang tidak signifikan dari penelitian ini adalah luas telapak tangan dan panjang tungkai.
Kata Kunci : Prestasi Renang Gaya Crawl, Analisis Faktor Fisik

 

×
Penulis Utama : Moh. Nurkholis
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121208049
Tahun : 2015
Judul : Faktor anthropometri dan fisik dominan penentu prestasi renang gaya crawl ( Analisis Faktor pada Mahasiswa Pembinaan Prestasi UNP Kediri )
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Ilmu Keolahragaan-A.121208049-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto
2. Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.