Penulis Utama : Riska Dewi Purnamasari
NIM / NIP : F3210064
×

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui tentang penerapan segmentasi, targeting dan positioning pada surat kabar Joglosemar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriftif yang merupakan teknik pengumpulan data untuk diuji hipotesis atau menjawab pertanyaan mengenai status terakhir dari subyek penelitian. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara wawancara, observasi dan studi pustaka.
Berdasarkan hasil penelitian, Joglosemar menerapkan segmentasi geografis, psikografis dan perilaku. Segmen psikografis bidikannya adalah masyarakat dengan kelas social menengah keatas. Sedangkan segmentasi perilaku yang dibidik adalah konsumen dengan penggunaan sedang hingga berat. Dalam penerapan pasar sasarannya (targeting) Joglosemar menggunakan strategi undifferentiated marketing atau strategi pemasaran tanpa pembeda. Positioning yang dilakukan adalah dengan membuat tag-line “Jernih-Bernilai”.
Dari hasil yang telah dikemukakan, penulis memberi beberapa saran yaitu: Joglosemar hendaknya memperluas jangkauan pemasarannya selain di Jogja, Solo dan Semarang serta dapat menambahkan rubrik yang menarik. Joglosemar hendaknya memperhatikan strategi targeting yang dipakai. Positioning Joglosemar hendaknya tetap mempertahankan kualitas produknya saat ini dengan selalu melakukan pengembangan produk agar selalu dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
Kata kunci : segmentasi, targeting dan positioning

×
Penulis Utama : Riska Dewi Purnamasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3210064
Tahun : 2015
Judul : Analisis segmentasi, targeting, dan positioning pada surat kabar joglosemar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi - 2015
Program Studi : D-3 Manajemen Pemasaran
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi Prog. D III Manajemen Pemasaran-F.3210064-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Djoko Purwanto, MBA
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.