Penulis Utama : Hawin Widyo Hutomo
NIM / NIP : I0110053
×

DAS Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri mempunyai morfologi berbukit dan bergunung sehingga rawan terjadi longsor. Daerah dengan tingkat kerawanan longsor akan semakin meningkat pada musim penghujan karena massa tanah akan semakin berat. Selain dari faktor alam, aktivitas manusia dalam penggunaan lahan juga mempengaruhi terjadinya longsor. Melihat besarnya peran curah hujan dan penggunaan lahan terhadap kelongsoran, maka penelitian ini penting dilakukan untuk keperluan mitigasi bencana.
Penelitian ini melakukan analisis stabilitas lereng karena pengaruh hujan 2 harian. Hujan 2 harian adalah hujan yang terjadi pada 2 hari berturut-turut. Data hujan yang dihitung sebagai beban lereng diamati pada bulan basah yaitu Januari, Februari, Maret, April, November, dan Desember selama periode lima tahun antara 2007 – 2011. Tanah pada lokasi penelitian adalah pasir berbutir halus. Perhitungan stabilitas lereng menggunakan metode Fellenius dengan variasi kemiringan lereng 30°, 45°, dan 60°. Metode CN (SCS) digunakan untuk menghitung kapasitas infiltrasi air hujan sesuai tata guna lahan dan luasan masing-masing tata guna lahan tersebut. Tata guna lahan menggunakan dua kondisi berbeda yaitu kondisi tutupan lahan eksisting (Hutan 66,98%, Tegalan 20,51%, dan Rumput 12,51%) dan kondisi tutupan lahan hutan (Hutan 100%).
Hasil analisis menunjukkan bahwa lereng dengan kemiringan 30° pada dua kondisi tutupan lahan di semua bulan pengamatan mempunyai nilai SF di atas SF kritis (1,07). Lereng dengan kemiringan 45° di bulan Maret tahun 2008 dan Maret tahun 2011 pada kondisi tutupan lahan eksisting mempunyai nilai SF di bawah SF kritis sedangkan pada kondisi tutupan lahan hutan mempunyai nilai SF di atas SF kritis. Lereng dengan kemiringan 60° pada dua kondisi tutupan lahan di semua bulan pengamatan mempunyai nilai SF di bawah SF kritis. Jika dibandingkan nilai SF sebelum terjadi hujan maka pada kondisi tutupan lahan hutan cenderung mengalami penurunan nilai SF yang lebih kecil daripada kondisi tutupan lahan eksisting.
Kata Kunci : DAS Wonogiri, hujan 2 harian, infiltrasi, stabilitas lereng

 

×
Penulis Utama : Hawin Widyo Hutomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0110053
Tahun : 2015
Judul : Pengaruh hujan 2 harian terhadap stabilitas lereng di das Tirtomoyo Wonogiri (Studi Kasus: Desa Sendang Mulyo, Tirtomoyo, Wonogiri)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2015
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Sipil-I.0110053-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Niken Silmi Surjandari, ST., MT
2. Ir. Noegroho Djarwanti, MT
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.