Penulis Utama : Piesog Lota Yan Kristian
NIM / NIP : K2310075
×

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) apakah ada peningkatan kemampuan kognitif Fisika siswa kelas XI melalui penerapan model pembelajaran peer tutoring dilengkapi prezi, (2) apakah ada peningkatan minat belajar Fisika siswa kelas XI melalui penerapan model pembelajaran peer tutoring dilengkapi prezi.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-IPA 3 SMA Negeri Kebakramat Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015. Sumber data adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan nontes (angket, observasi, dan wawancara). Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Ada peningkatan kemampuan kognitif Fisika siswa sebesar 20 % pada kelas XI IPA 3 SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar dengan penerapan model pembelajaran peer tutoring dilengkapi prezi. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketercapaian kemampuan kognitif Fisika siswa pada siklus I sebesar 58 %, sedangkan pada siklus II sebesar 78 % dari target ketercapaian sebesar 75 %, (2) Ada peningkatan minat belajar Fisika siswa pada kelas XI IPA 3 SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar dengan penerapan model pembelajaran peer tutoring dilengkapi prezi sebesar 45 % untuk hasil observasi. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketercapaian minat belajar Fisika siswa pada siklus I sebesar 36 %, sedangkan pada siklus II sebesar 81 % dari target ketercapaian sebesar 75 %. Peningkatan minat belajar Fisika siswa untuk hasil angket sebesar 25 %. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketercapaian minat belajar Fisika siswa pada siklus I sebesar 61 %, sedangkan pada siklus II sebesar 86 % dari target ketercapaian sebesar 75 %.
Kata kunci: Peer Tutoring, Fisika, Minat Belajar, Kemampuan Kognitif.

 

×
Penulis Utama : Piesog Lota Yan Kristian
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2310075
Tahun : 2015
Judul : Penerapan model peer tutoring dilengkapi prezi untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan minat belajar fisika siswa kelas xi sma negeri Kebakkramat Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Fisika-K.2310040-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Jamzuri, M.Pd.
2. Drs. Surantoro, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.