Penulis Utama : Fatma Fitriana Sakinah
NIM / NIP : I0310017
×

Simplisia adalah bahan alam yang telah dikeringkan dengan temperatur pengeringan tidak lebih dari 60°C, yang digunakan untuk pengobatan dan belum mengalami pengolahan apapun. Pengeringan simplisia secara langsung memiliki banyak kendala seperti, warna simplisia yang pucat, rawan kontaminasi dan lain-lain. Untuk menghindari hal tersebut, dapat digunakan alat pengering berjenis indirect pasive solar dryer untuk mengeringkan simplisia. Namun alat pengering ini belum dilakuan pengujian dengan bahan simplisia secara langsung, sehingga belum diketahui kinerja dari alat tersebut. Selain itu alat ini mempunyai kelemahan, yaitu kurangnya kontrol drying flow karena aliran udara yang masuk pada alat ini bersifat pasif. Untuk mengatasi hal tersebut dapat menggunakan variabel penutupan lubang inlet dan exhaust untuk mengontrol parameter-parameter drying flow. Dari mekanisme tersebut dapat ditentukan setting perlakuan penutupan lubang untuk melakukan pengeringan simplisia secara optimum. Dalam melakukan penentuan setting alat agar menghasilkan kecepatan pengeringan yang optimum, digunakan pendekatan eksperimen.
Penentuan teknik split split plot dalam design experiment dilakukan untuk pengujian alat pengering berjenis indirect passive solar dryer, dimana terdapat tiga faktor yang diuji, yaitu penutupan lubang inlet sebagai plot, penutupan lubang exhaust sebagai split, dan posisi rak dalam chamber sebagai split. Pengujian alat indirect passive solar dryer ini menggunakan kunyit sebanyak 2 kg sebagai bahan ujinya. Respon yang diukur yaitu penurunan kadar air kunyit dalam satu hari pengeringan selama 8 jam. Treatment pengujian sebanyak 16 kali yang dilakukan selama 16 hari. Pengambilan data sebanyak 3 replikasi untuk setiap rak. Pengolahan data menggunakan uji ANOVA dan uji SNK sebagai uji pembanding ganda. Selanjutnya dilakukan pengujian karakteristik pengeringan simplisia kunyit menggunakan alat indirect passive solar dryer.
Hasil eksperimen diperoleh bahwa mekanisme pengaturan aliran udara melalui lubang inlet dan exhaust mampu memberikan variasi kecepatan pengeringan dalam penurunan kadar air simplisia. Setting optimum penutupan ¾ bagian lubang inlet dan lubang exhaust tidak ditutup, dalam kondisi cuaca cerah. Kapasitas maksimum alat dapat mengeringkan 6 kg kunyit selama 4 hari.
Kata kunci: simplisia, solar dryer, eksperimen, kunyit, split split plot.

 

×
Penulis Utama : Fatma Fitriana Sakinah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0310017
Tahun : 2015
Judul : Eksperimen indirect passive solar dryer untuk mengkaji pemenuhan standar kualitas simplisia bahan baku herbal
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2015
Program Studi : S-1 Teknik Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Industri-I.0310017-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Fakhrina Fakhma, ST. MT
2. Ilham Priadythama, ST, MT
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.