Penulis Utama : M. Syafi’i
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S.541302062
Tahun : 2015
Judul : Perbedaan pengaruh antara medial arch support dan facitis plantaris exercise terhadap penurunan derajat nyeri kaki (facitis plantaris) (Pada Ibu Hamil Trimester III Di Desa Karangudi, Ngrampal, Sragen)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Kedokteran Keluarga-S.541302062-2015
Subyek : NYERI KAKI
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar Belakang : Proses kehamilan seorang ibu mengalami perubahan – perubahan yang terjadi baik fisik maupun psikologis. Postur tubuh secara bertahap mengalami perubahan karena janin di dalam abdomen semakin membesar dan berat badan juga meningkat. Keadaan ini akan membuat titik berat badan (center of gravity) jatuh ke depan, jika dalam waktu yang lama bisa menimbulkan rasa nyeri. Pada penanganan nyeri kaki, ortotis prostetis dapat memberikan pelayanan dengan pemberian medial arch support dan latihan faciitis plantaris. Di harapkan dengan penanganan ini, rasa nyeri pada kaki akibat kehamilan dapat berkurang.
Tujuan : Menganalisis perbedaan pengaruh terhadap penurunan derajat nyeri kaki dengan menggunakan Medial Arch Support dan melakukan facitis plantaris exercise pada ibu hamil trimester III.
Subyek dan Metode : Dengan pendekatan longitudinal. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental analitik (two group). Subyek berjumlah 30 orang. Dimana pada penelitian ini menggunakan rancangan Pre and post test design, dan dianalisis dengan SPSS 17.00
Hasil : Hasil uji perbandingan nilai VDS dalam pengukuran derajat nyeri kaki setelah perlakuan antara kelompok I dengan kelompok II dari uji statistik didapat nilai (p) = 0,041 karena nilai p < 0,05 berarti ada perbedaan yang bermakna antara kelompok setelah perlakuan pada kelompok I dengan kelompok II.
Kesimpulan : Penelitian ini menyimpulkan terdapat perbedaan yang bermakna terhadap penurunan derajat nyeri kaki pada ibu hamil yang diukur dengan VDS ( Visual Descriptive Scale ) yang dilihat dari hasil analisis statistik menunjukkan hasil seperti : (1) ada pengaruh sebelum dan sesudah perlakuan medial arch support yang ditunjukkan dengan adanya penurunan nilai mean dari hasil VDS; (2) ada pengaruh sebelum dan sesudah perlakuan faciitis plantaris exercise yang ditunjukkan dengan adanya penurunan nilai mean dari hasil VDS; (3) pemberian perlakuan pada kelompok I lebih baik dari pada kelompok II yang ditunjukkan dengan selisih mean dari hasil VDS.
Kata Kunci: Derajat nyeri kaki, Medial Arch Support, Faciitis Plantaris Exercise

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER dan ASESORIS-fi'i.pdf
01. BAB 1 SY.pdf
02. BAB 2 SY.pdf
03. BAB 3 SY.pdf
04. BAB 4 SY.pdf
05. BAB 5 SY.pdf
IMG_20150622_0012.jpg
File Dokumen : Jurnal-fi'i.pdf
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. dr. Ambar Mudigdo, SpPA (K)
2. Dr. Nunuk Suryani, MPd
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana