Penulis Utama : Reza Enggar Dhevit Ivangga
NIM / NIP : I8110032
×

Singkong merupakan tanaman pangan yang berpotensial dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi jika diolah ke dalam bentuk bahan makanan atau makanan lain salah satunya adalah tepung singkong. Tepung singkong bermanfaat sebagai pengganti tepung terigu yang biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat berbagai jenis makanan misalnya : kue, roti, dan makanan lain yang menggunakan tepung.
    Tujuan dari proyek akhir ini adalah mampu merancang dan menganalisa kekuatan konstruksi mesin pembuat tepung singkong menggunakan simulasi solidworks.
Hasil tugas akhir ini adalah konsep produk dari perancangan mesin pembuat tepung singkong menggunakan besi profil L sebagai konstruksi rangka mesin, motor listrik sebagai sistem penggerak, motor reducer sebagai sistem pengayak, v belt sebagai sistem transmisi, dan discmill sebagai sistem penggiling. Berdasarkan hasil analisa kekuatan rangka dengan simulasi solidworks nilai safety factor sebesar 9,58 sedangkan faktor keamanan dari material besi profil L ST 37 sebesar 4. Sehingga rangka tersebut aman dan kuat untuk menopang beban.

 

×
Penulis Utama : Reza Enggar Dhevit Ivangga
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8110032
Tahun : 2015
Judul : Rancang bangun mesin pembuat tepung singkong
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2015
Program Studi : D-3 Teknik Mesin Produksi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Prog. D III Teknik Mesin Produksi-I.8110032-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sukmaji Indro C., ST., M.Sc.
2. Indri Yaningsih, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.