Penulis Utama : Arintha Ayu Widyaningrum
NIM / NIP : C0209008
×

Permasalahan dalam penelitian ini ada 3, yaitu: (1) Bagaimana suntingan teks KF?; (2) Bagaimana struktur penyajian teks KF?; dan (3) Bagaimana isi hukum waris Islam ditinjau dari teks KF?
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Menyediakan suntingan teks KF yang baik dan benar; (2) Mendeskripsikan struktur penyajian teks KF; dan (3) Memaparkan isi hukum waris Islam jika ditinjau dari teks KF.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah naskah Kitab al-Farai? yang tersimpan dalam bentuk digital di Houghton Library, Harvard University. Metode penyuntingan teks dilakukan dengan edisi standar atau edisi kritik, yaitu menerbitkan naskah dengan membetulkan kesalahan-kesalahan kecil dan ketidakajegan, sedangkan ejaannya disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku. Teknik pengumpulan data, yaitu melalui studi katalog dengan melakukan inventarisasi naskah. Data diolah dalam dua tahap, pertama tahap deskripsi naskah, dan kedua tahap analisis yang meliputi analisis struktur dan isi. Teknik penarikan simpulan yang digunakan yaitu teknik induktif, yang didasarkan pada data-data khusus kemudian ditarik simpulan yang bersifat umum.
Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan naskah dengan memberikan gambaran umum naskah dan menyediakan suntingan teks. Kedua, menganalisis struktur dan isi teks. Teks KF terdiri dari dua hukum waris yang berbeda, yaitu hukum waris menurut Islam dan hukum waris yang berasal dari Betawi. Hukum waris menurut Islam dipilih untuk diuraikan struktur dan isinya. Struktur teks KF dianalisis berdasarkan struktur narasi sastra kitab, yaitu terdiri atas pendahuluan, isi, dan penutup. Analisis isi teks KF diuraikan menurut perspektif hukum waris Islam. Hukum waris Islam ditinjau dari teks KF mengatur beberapa permasalahan antara lain: (1) Pengertian harta warisan; (2) Ahli waris yang terdiri dari golongan laki-laki dan perempuan; (3) Ahli waris dengan bagian tertentu yang diatur dalam Alquran; (4) A?obah; (5) Kerabat zawi´l-ar?am; (6) Penghalang hak mewarisi; (7) Warisan untuk bapak dan ibu; (8) Warisan untuk kakek dan nenek; (9) Permasalahan sekutu; (10) Hak waris bagi orang yang memerdekakan budak; dan (11) Hak waris banci dan orang yang hilang atau tenggelam.
Kata kunci: Islam, hukum waris, dan sastra kitab.

 

×
Penulis Utama : Arintha Ayu Widyaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0209008
Tahun : 2015
Judul : Kitab Al-Farai?: Suntingan Teks, Struktur Sastra Kitab, dan Tinjauan Isi Hukum Waris Islam
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSSR - 2015
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-FSSR Jur. Sastra Indonesia-C.0209008-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Istadiyantha, M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.