Penulis Utama : Chrisna Budi Satriyo
NIM / NIP : S560902001
×

LatarBelakang :Perubahan sel mukosa buli buli dapat terjadi karena iritasi kronis benda asing seperti pemasangan kateter akibat retensi pada penderita HPJ. Inflamasi karena iritasi mekanik dapat memicu perubahan molekuler sel mukosa buli buli. Respon ini akan memicu aktifitas respon imun spesifik, hal ini ditandai dengan adanya ekspresi p53 dan p21.
Tujuan: Mengetahui adanya hubungan  tingkat ekspresi  p53 dan p21 pada sel mukosa buli buli penderita HPJ dengan retensi urin yang dipasang kateter selama 4 minggu.
Metodologi : Studi analitik dengan rancangan penelitian Post test only control group design, sampel diambil dengan teknik random secara sistematik.
Hasil : Dari hasil uji Spearman Rank menunjukkan adanya korelasi positifkuat antara ekspresi p53 dan  p21sel mukosa buli penderita HPJ dengan retensi urin yang dipasang kateter uretra 4 minggu dengan koefisien sebesar 0,733 dengan Sig. 0,025.
Kesimpulan:Korelasi positif antara ekspresi p53 dan p21 pada sel mukosa buli buli penderita HPJ dengan retensi urin yang dipasang kateter uretra menunjukkan bahwa fungsi anti karsinogenesis pada tingkat molekular masih berjalan dengan baik pada pemasangan selama 4 minggu.

Kata Kunci: Retensi urin, Hiperplasi Prostat Jinak, p53 , p21

 

×
Penulis Utama : Chrisna Budi Satriyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S560902001
Tahun : 2015
Judul : Ekspresi p53 dan p21 Sel Mukosa Buli-buli Penderita Hiperplasi Prostat Jinak (HPJ) dengan Retensi Urin Yang Dipasang Kateter
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2015
Program Studi : PPDS Ilmu Bedah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Program Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Bedah-S560902001-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Setya Anton T, dr, SpU.
2. Dra. Dyah Ratna Budiani, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.