Penulis Utama : Mutiara Dini Sarahati
NIM / NIP : E0011210
×

ABSTRAK
Mutiara Dini Sarahati. 2015. Implementasi Perda Nomor 15 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Magetan Tahun 2012-2032 dalam Pengelolaan dan Pengembangan Kawasan Wisata Sarangan di Kabupaten Magetan. Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Penelitian ini bertujuan mengkaji implementasi Perda Nomor 15 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Magetan Tahun 2012-2032 dalam pengelolaan dan pengembangan kawasan wisata Sarangan, yang pada kenyataannya saat ini berkurang keindahan dan kenyamanannya, sehingga diketahui hambatan-hambatan untuk mencari solusi dalam mengatasi permasalahan.
Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif. Mengacu pada tujuan penulisan, maka penelitian ini termasuk penelitian empiris. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dengan pejabat di lingkup Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga untuk mendapatkan data primer dan studi kepustakaan sebagai data sekunder.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan simpulan bahwa berdasarkan Perda yang ada, kawasan wisata Sarangan tergolong sebagai kawasan wisata alam. Untuk menunjang keberadaannya telah disediakan beberapa fasilitas oleh Pemerintah Daerah maupun swasta. Namun dalam pelaksanaannya terdapat hambatan yang dihadapi Pemerintah Daerah yaitu Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPARDA) yang masih berupa naskah akademik, permasalahan parkir, penertiban pedagang dan hotel, serta peran masyarakat. Dengan kondisi tersebut solusi yang dapat ditempuh adalah segera menetapkan Perda RIPPARDA, bersikap tegas dalam penataan parkir dan pedagang, penertiban pengusaha hotel dan menggerakkan kelompok sadar wisata.

×
Penulis Utama : Mutiara Dini Sarahati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0011210
Tahun : 2015
Judul : Implementasi Perda Nomor 15 Tahun 2012 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Magetan Tahun 2012-2032 dalam Pengelolaan dan Pengembangan Kawasan Wisata Sarangan di Kabupaten Magetan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2015
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS - F. Hukum Jur. Ilmu Hukum - E0011210 - 2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. I Gusti Ayu Ketut Rachmi H, S.H., M.M.
2. Sapto Hermawan, S.H., M
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.