Penulis Utama : Mikael Alexandro Koraag
NIM / NIP : F3511055
×

ABSTRAK
CV. Mitra Tanindo merupakan perusahaan pupuk yang menjual berbagai macam pupuk subsidi dan non subsidi. Perusahaan ini belum melakukan peramalan dalam hal penjualan produk pupuk subsidi. Peneliti ingin menerapkan peramalan jumlah penjualan pupuk subsdi pada perusahaan tersebut. Dengan menggunakan metode peramalan jumlah penjualan, diharapakan dapat mengurangi hal-hal yang kurang menguntungkan untuk perusahaan, misalnya keterlambatan produk kepada konsumen. Peramalan yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui jumlah penjualan yang diramalkan pada periode selanjutnya, jumlah kesalahan peramalan, dan metode yang tepat untuk peramalan. Metode yang digunakan untuk peramalan dalam analisis data penjualan pupuk subsidi  tahun 2014 dengan menggunakan metode time series yang merupakan penghitungan yang dilakukan berdasarkan urutan waktu. Metode time series yang digunakan dalam melakukan peramalan penjualan dalam perusahaan CV. Mitra Tanindo yaitu metode single moving average ( 3, 5, dan 9 bulanan ), weighted moving average (3, 5, dan 9 bulanan ), dan exponential smoothing ( a= 0,1, a= 0,3, a= 0,9 ), sebagai tambahan juga digunakan metode proyeksi tren.
Dari hasil analisis data penjualan tahun lalu, metode weighted moving average 5 bulanan merupakan metode yang tepat untuk digunakan dalam perhitungan peramalan periode selanjutnya, karena metode ini memiliki kesalahan peramalan terkecil dibandingkan metode yang lain yaitu sebesar 144,26 untuk MAD , 42822,44 untuk MSE, dan 0,33 untuk MAPE.
Dari analisis yang diperoleh, sebaiknya CV. Mitra Tanindo dalam hal penjualan pupuk subsidi menggunakan metode weighted moving average 5 bulanan karena metode tersebut memiliki kesalahan peramalan terkecil dibandingkan metode yang lain.
Kata Kunci: Peramalan, Time Series, Perusahaan Pupuk.

×
Penulis Utama : Mikael Alexandro Koraag
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3511055
Tahun : 2015
Judul : Peramalan Penjualan Pupuk Subsidi Pada CV. Mitra Tanindo Januari Tahun 2015 di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2015
Program Studi : D-3 Manajemen Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Prog. DIII Manajemen Bisnis-F3511055-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sarwoto, S.E., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.