Penulis Utama : Sofi Arniati
NIM / NIP : D1512082
×

ABSTRAK
Pensiun adalah suatu penghasilan yang diterima setiap bulan oleh seorang bekas pegawai yang tidak dapat bekerja lagi, untuk membiayai penghidupan selanjutnya, agar ia tidak terlantar apabila tidak berdaya lagi untuk mencari penghasilan lain.
Sistem informasi adalah suatu kumpulan komponen yang terdiri dari manusia dan teknologi informasi, dan prosedur kerja yang kegiatannya adalah menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi bagi yang membutuhkan untuk mencapai suatu tujuan. Dalam pengurusan pensiun pegawai negeri sipil diperlukan sistem informasi dengan tujuan agar Sistem Informasi Pengurusan Pensiun tersebut dapat berjalan dengan lancar, serta sesuai prosedur yang telah ditentukan.dalam penulisan Laporan Tugas Akhir ini penulis melakukan pengamatan di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sragen untuk mengamati pelaksanaan sistem informasi pengurusan pensiun PNS Pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sragen. Jenis pengamatan yang dilakukan dengan metode deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dengan narasumber dan mengkaji dokumen dan arsip.
Berdasarkan hasil pengamatan, bahwa Sistem Informasi Pengurusan Pensiun PNS menggunakan berbagai dokumen atau berkas serta adanya aplikasi  untuk membantu memperlancar arus sistem informasi, serta menerapan kebijakan mengenai alur sistem informasi pengurusan pensiun, dan kebijakan mengenai penulisan maupun penyusunan yang benar agar Sistem Informasi Pengurusan Pensiun PNS Pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sragen dapat berjalan dengan baik dan lancar.
Kesimpulan dari hasil pengamatan dapat diketahui bahwa Sistem Informasi Pengurusan Pensiun PNS Pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sragen sudah berjalan dengan baik dan mengacu pada Standar Operasional Prosedur yang ada pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sragen.
Kata Kunci : Pensiun, Sistem Informasi, Sistem Informasi Pengurusan Pensiun Pegawai Negeri Sipil (PNS)
ABSTRACT
Retirement is an income which is received monthly by an ex-civil servant who is not working any longer, to finance following life so the ex- civil servant will not be derelict if could not look for anothe income.
Information system is a collection component that consist of men and information technology, and working procedure that the activities are saving, analyzing, and spreading the information to whom needed the information to achieve specific goal. The civil servant retirement arrangement needs information system so that the civil servant retirement arrangement information system could be run well depend on the determined procedure. In this final report assignment, writer had observed at Region Staff Department Sragen Regency to observe the implementation of civil servant retirement arrangement information system at Region Staff Department Sragen Regency. The observation used qualitative descriptive. The data collection techniques had been done by observating, interview, and documenting.
Depends to the observation result that civil servant retirement arrangemen information system used documents and an application to accelerate information system flow,and to apply a policy about retirement arrangement information system order and policy about the correct writing and arranging  so the civil servant retirement arrangement information system at Region Staff Department Sragen Regency could run well.
The conclution of the observation is that the civil servant retirement arrangement information system at Region Staff Department, Sragen Regency had been run well depends on Standard Operational Procedures at Region Staff Department Sragen Regency
Keywords: Retirement, Information System, Civil Servant Retirement Arrangement Information System

×
Penulis Utama : Sofi Arniati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1512082
Tahun : 2015
Judul : Sistem Informasi Pengurusan Pensiun Pegawai Negeri Sipil pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sragen
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2015
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog. DIII Manajemen Administrasi-D1512082-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ali, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.