Penulis Utama : Danang Purnomo
NIM / NIP : K3209009
×

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Proses pembelajaran seni patung, (2) Kendala yang dihadapi siswa dan guru dalam pelaksanaan pembelajaran seni patung, (3) Bentuk karya seni patung yang dihasilkan oleh siswa kelas X MIA 1 di SMA Negeri 1 Teras.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan yang dipilih yaitu Hartati, S.Pd selaku guru seni rupa SMA Negeri 1 Teras dan siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Teras serta foto, hasil karya, dan dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan: wawancara, observasi, dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan review informan. Analisis data yang digunakan analisis model mengalir yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran seni patung sudah berjalan dengan baik, selain melibatkan siswa secara langsung dalam proses berkarya tentang seni patung primitif dengan teknik memahat juga diberikan pengetahuan teori dalam proses pembelajaranya. (2) Kendala yang dihadapi siswa dan guru dalam pelaksanaan pembelajaran seni patung meliputi minat siswa pada pelajaran seni rupa. Sebagian besar siswa mempunyai minat cukup saja dan siswa yang sangat berminat hanya sebagian kecil dari jumlah secara keseluruhan, begitu juga dengan siswa yang kurang berminat. Kurangnya minat siswa dapat dilihat dari sikap siswa yang malas dan lamban dalam mengikuti maupun menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Kemudian media yang digunakan dalam proses belajar mengajar, setiap pembelajaran terdapat siswa yang tidak memiliki media baik alat maupun bahan yang dianjurkan oleh guru. Hal tersebut karena siswa belum memiliki media dan ada siswa yang hanya lupa membawanya ke sekolah. Serta tidak tersedianya sarana seperti ruang pembelajaran khusus. (3) Bentuk karya seni patung yang dihasilkan siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Teras dibuat dengan gaya primitif dengan ciri khas sederhana dan simpel. Seni patung manusia dengan berbagai posisi dan mempunyai ukuran yang berbeda- beda. Warna yang digunakan adalah warna asli dari gips yaitu putih.
Kata kunci: proses pembelajaran, seni budaya, seni patung
ABSTRACT
The objective of research was to find out: (1) the sculpture art learning process, (2) the students and the teachers constraints in implementing the sculpture art learning, (3) the sculpture art work produced by the Tenth Graders of MIA 1 SMA Negeri 1 Teras.
This study is a descriptive qualitative method. The data source was informant selected, Hartati S.Pd, as the teacher of fine art in SMA Negeri 1 Teras, photograph, work product, and document. The sampling technique used was purposive sampling. Techniques of collecting data used were interview, observation, and documentation. Data validity used was data triangulation and informant review. The data analysis used was a flow model data analysis based on data reduction, data display, and conclusion drawing.
The result of the research shows: (1) the implementation of sculpture art learning had run well, in addition to involve students directly in producing primitive sculpture. The techniques and the theories about sculpture learned by the student during producing process. (2) the constrains faced by teacher and students are students low motivation, media, materials. Almost all students’have low motivation, but some of those interested in making primitive sculpture. Student’s low motivation seen from their attitude, they are lazy and need too much time to do exercise from the teacher. And then the media used in teaching andlearning process. Almost in every class, the teacher always found students who didn’t have media, materials or tools. And also there is no special teaching learning room to teach art and culture subjects, especially sculpture subjects. (3) sculpture art work made by the students of X MIA 1 SMA Negeri 1 Teras are primitive sculptures with characteristic very simple. Human sculpture artwork in many position and size but in the same color the original color of gips.
Keywords: learning process, art and culture, sculpture art

×
Penulis Utama : Danang Purnomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3209009
Tahun : 2015
Judul : Pelaksanaan Pembelajaran Seni Patung pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas X MIA 1 di SMA Negeri 1 Teras Tahun Ajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bahasa dan Seni-K3209009-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Slamet Supriyadi, M.Pd.
2. Dra. MY Ning Yuliastuti, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.