Penulis Utama : Dimas Agree Inanta
NIM / NIP : D0111031
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen transportasi dan lalu lintas yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karangnyar. Kabupaten Karangnyar merupakan daerah yang tergolong kecil, dimana di Kabupaten ini mempunyai berbagai masalah transportasi dan lalu lintas seperti kemacetan, kecelakaan, pelanggaran lalu lintas. Namun pada tahun 2012 sampai pada tahun 2014 Kabupaten Karangnyar mendapatkan penghargaan Wahana Tata Nugraha dari pemrintah pusat atau Dirjen Perhubungan Darat.
Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan telaah dokumentasi. Data yang sudah diperoleh kemudian diuji validitasnya dengan menggunakan teknik pengujian trangulasidata, yaitu trangulasi sumber. Analasis data meliputi reduksi data, penyajian data, , dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika melalui fungsi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan. Perencanaan yang dilakukan mengacu pada RPJMD yang melalui 2 tahapan, yaitu tahapan perencanaan kegiatan dan perencanaan anggaran di setetiap tahunnya dengan melibatkan SKPD lain untuk mendapatkan sumber informasi yang dibutuhkan. Pengorganisasian melalui pembentukan struktur organisasi yang telah ditetapkan, selain itu juga melibatkan pihak ketiga seperti instansi lain dan pihak swasta melalui tender yang dilakukan dalam penyediaan sarana dan prasarana. Penggerakan dilakukan melaui pemberian motivasi, pelatihan, pengarahan. Pengawasan dilakukan dengan caralisan atau tertulis melalui rapat, apel pagi dan sidak yang dilakukan oleh pimpinan. Secara keseluruhan manajemen transportasi dan lalu lintas di Kabupaten Karangnyar sudah berjalan dengan baik, sehingga mampu mendapatkan pengahrgaan Wahana Tata Nugraha.
Kata kunci : manajemen, transportasi, lalu lintas
ABSTRACT
This research aims to determine the transport and traffic management conducted by the Department of Transportation, Communication and Information Karanganyar. Karanganyar is including a small area but the district has a variety of transportation and traffic problems such as congestion, accidents and traffic violations. But in 2012 to 2014 Karanganyar awarded Wahana Tata Nugraha from the central government or the Director General of Land Transportation.
The data collected in this research is qualitative data which were taken from the interview, observation documentation and recorded. The data obtained was then tested  its validity using data trangulation examniation technique. The data analysis includes data reduction, data presentation, and conclusion.
The result shows that the management of the Department of Communication and Information Technology through the functions of planning, organizing, and controlling. The planning done reference to RPJMD through two stages, which are stages of planning and budget planning activities in every year with the involvement of other SKPD to obtain the required resources. Organizing through the establishment of an organizational structure that has been set, but it also involves third parties such as other agencies and the private sector through a tender conducted in the provision of facilities and infrastructure. The agitation is done through motivation, training, direction. Supervision is done by means of oral or written through meetings, morning assembly and inspection conducted by the leader. As a whole the implementation of transport and traffic management in Karanganyar is already well, so Karanganyar be able to award Wahana Tata Nugraha.
Key words : management, transportation, trafic
 

×
Penulis Utama : Dimas Agree Inanta
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0111031
Tahun : 2015
Judul : Manajemen Transportasi dan Lalu Lintas Oleh Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2015
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D0111031-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sudaryanti, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.