Penulis Utama : Alvian Putri Utami
NIM / NIP : F1112003
×

ANALISIS PERKEMBANGAN INDEKS PEMBANGUNAN KETENAGAKERJAAN DI INDONESIA TAHUN 2011-2014 (ANALISIS DESKRIPTIF) Alvian Putri Utami F1112003
Pemerintah Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi selama ini belum memiliki peta keberhasilan atau peta permasalahan ketenagakerjaan secara spesifik di tiap-tiap daerah yang berbeda, baik di provinsi maupun di masing-masing kabupaten/kota. Untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi dan tingkat keberhasilan pembangunan perlu disusun indeks pembangunan ketenagakerjaan sebagai upaya pemerintah yang strategis dalam mengevaluasi program-program pembangunan ketenagakerjaan yang dilaksanakan. Pengukuran indeks pembangunan ketenagakerjaan ini akan dilakukan terus-menerus setiap tahunnya untuk mengetahui bagaimana perkembangan keberhasilan pembangunan ketenagakerjaan yang dihadapi. Penelitian menganalisis perencanaan tenaga kerja,penduduk dan tenaga kerja, kesempatan kerja,pelatihan dan kompetensi kerja,produktiftas tenaga kerja,hubungan industrial,kondisi lingkungan kerja,pengupahan dan kesejahteraan kerja,jaminan sosial tenaga kerja. Indikator utama tersebut berpengaruh positif terhadap Indeks pembangunan ketenagakerjaan. Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan (IPK) adalah suatu nilai yang bisa menggambarkan kondisi keberhasilan pembangunan ketenagakerjaan dan dinyatakan dalam bentuk suatu indeks komposit yang mencakup 9 (sembilan) bidang pembangunan ketenagakerjaan yang dianggap sangat mendasar atau indikator utama. Tujuan analisis ini adalah untuk menganalisis variabel perencanaan tenaga kerja,penduduk dan tenaga kerja, kesempatan kerja,pelatihan dan kompetensi kerja,produktiftas tenaga kerja,hubungan industrial,kondisi lingkungan kerja,pengupahan dan kesejahteraan kerja,dan jaminan sosial tenaga kerja terhadap indeks pembangunan ketenagakerjaan di Indonesia tahun 2011-2014. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini meggunakan data sekunder yang diperoleh dari indeks pembangunan ketenagakerjaan website. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil dari analisis deskriptif bahwa setiap indikator utama yang didukung dengan adanya sub-sub indikator yang mengalami peningkatan atau penurunan akan mempengaruhi Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan di Indonesia setiap tahunnya.
Kata kunci: IPK,perencanaan tenaga kerja,penduduk dan tenaga kerja,kesempatan kerja,pelatihan dan kompetensi kerja,produktitas tenaga kerja,hubungan industrial,kondisi lingkungan kerja,pengupahan dan kesejahteraan pekerja,jaminan sosial.

×
Penulis Utama : Alvian Putri Utami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1112003
Tahun : 2015
Judul : ANALISIS PERKEMBANGAN INDEKS PEMBANGUNAN KETENAGAKERJAAN DI INDONESIA TAHUN 2011-2014 (ANALISIS DESKRIPTIF)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Ekonomi - 2015
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Ekonomi Jur. Ekonomi Pembangunan-F.1112003-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bambang Wardoyo, SE.MM
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.