Penulis Utama : Muhammad Saiful Mujab
NIM / NIP : F0111053
×

ABSTRAK
ANALISIS PENGARUH INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA, JUMLAH PENDUDUK, DAN PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO TERHADAP KEMISKINAN DI 35 KABUPATEN/KOTA PROVINSI JAWA TENGAH
TAHUN 2008 – 2013
Muhammad Saiful Mujab
F0111053
Salah satu indikator utama dalam keberhasilan pembangunan nasional adalah laju penurunan jumlah penduduk miskin. Kemiskinan merupakan keadaan atau situasi penduduk atau sebagian penduduk yang hanya dpat memenuhi makanan, pakaian, dan perumahan yang sangat diperlukan untuk mempertahankan tingkat kehidupan yang minimum. Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2007 sampai 2009 menjadi Provinsi dimana jumlah penduduk miskin paling besar dengan angka 20,43% sampai 17,72%. Oleh karena itu, penelitian itu akan jauh membahas faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kemiskinan di Provinsi Jawa Tengah.
Variabel independen dalam penelitian ini adalah indeks pembangunan manusia, jumlah penduduk, dan Produk Domestik Regional Bruto di Provinsi Jawa Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan menggunakan pendekatan fixed effect.
Hasil analisis menunujukan bahwa indeks pembangunan manusia berpengaruh negatif dan siginifakan terhadap kemiskinan, jumlah penduduk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemiskinan, dan PDRB berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan. Nilai R-square sebesar 0.989454 yang berarti sebesar 98,94 persen variabel kemiskinan dapat dijelaskan oleh variabel independen dan sisanya 1,06 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar model.
Dalam penurunan tingkat kemiskinan, perlu adanya pengoptimalan IPM dan PDRB karena memberikan pengaruh negatif terhadap kemiskinan. Sementara itu, jumlah penduduk di Provinsi Jawa Tengah harus ditekan karena berngaruh posirtif.

×
Penulis Utama : Muhammad Saiful Mujab
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0111053
Tahun : 2015
Judul : Analisis Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia, Jumlah Penduduk, dan Produk Domestik Regional Bruto Terhadap Kemiskinan di 35 Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah Tahun 2008 - 2013
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2015
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ekonomi dan Bisnis Jur. Ekonomi Pembangunan - F0111053 - 2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Izza Mafruhah, S.E., M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.