Penulis Utama : Benyamin Tejo Laksono
NIM / NIP : F3510020
×

Keberlangsungan proses produksi perusahaan sangat bergantung pada persediaan bahan bakunya, persediaan bahan baku merupakan suatu unsur utama dalam kegiatan yang mempengaruhi kelancaran suatu proses produksi. Maka dari itu setiap perusahaan wajib mempunyai suatu sistem dalam melakukan perencanaan kebutuhan bahan baku yang baik dan sesuai, dalam hal ini harus sesuai dengan kategori yang ada didalam suatu perusahaan. PT Indaco Coatings Industry merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi cat dengan skala nasional, dalam memenuhi setiap permintaan pasar, maka perlu diadakan suatu pengendalian bahan baku, agar proses produksi dapat berjalan dengan lancar.
Penelitian ini memiliki tujuan antara lain (1) Untuk mengetahui jumlah total biaya persediaan bahan baku yang dialokasikan perusahaan. (2) Mengetahui jumlah pemesanan bahan baku Filler yang ekonomis. (3) Mengetahui waktu pemesanan kembali bahan baku Filler.
Penelitian yang dilakukan pada PT Indaco Coatings Industry, untuk jumlah pemesanan bahan baku Filler yang ekonomis menurut perhitungan metode EOQ didapatkan sebesar 131,6 ton, dengan perhitungan ini didapatkan total biaya persediaan sebesar Rp 4.376.826,- per tahun. Sedangkan untuk Reorder Point didapatkan nominal 80 ton, pada titik ini PT Indaco harus melakukan pemesanan kembali.
Output dari penelitian ini, dapat dijadikan untuk bahan pertimbangan dan perbaikan terhadap manajemen persediaan bahan baku berupa penetapan jumlah pemesanan optimum, Reorder Point, serta penetapan Safety Stok dalam perusahaan. Sehingga dari penggunaan metode EOQ akan memberikan penghematan biaya dalam pengadaan persediaan.

×
Penulis Utama : Benyamin Tejo Laksono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3510020
Tahun : 2013
Judul : Penerapan metode economic order quantity (EOQ) untuk persediaan bahan baku filler pada PT Indaco Coatings Industry
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi - 2013
Program Studi : D-3 Manajemen Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi Prog. D III Manajemen Bisnis-F3510020-2013
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Yong Dirgiatmo, M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.