Penulis Utama : Chaterin Romauli Siagian
NIM / NIP : M3512007
×

INTISARI
Meloksikam memiliki kelarutan praktis tidak larut air. Kompleks inklusi β-siklodekstrin dapat meningkatkan kelarutan serta memiliki kemampuan sebagai taste masking untuk menutupi rasa pahit dari meloksikam. Meloksikam digunakan untuk mengobati osteoarthritis dan rheumatoid arthritis yang membutuhkan terapi dengan aksi yang cepat, sehingga cocok untuk dibuat sediaan fast disintegrating tablet. FDT dapat meningkatkan efek terapi dengan mempercepat tablet hancur di mulut yaitu menggunakan superdisintegrant. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi konsentrasi Primellose® sebagai superdisintegrant dan faktor kekerasan terhadap sifat fisik FDT meloksikam dalam kompleks inklusi β-siklodekstrin.
Pembuatan kompleks inklusi meloksikam dalam β-siklodekstrin menggunakan perbandingan 1:3 molar dengan metode spray drying. Pembuatan tablet mengunakan metode kempa langsung, Primellose® (a) dan kekerasan (b) sebagai variabel bebas dibuat 5 variasi formula yaitu F1 (a = 3%, b = 20 N), F2 (a = 1%, b = 40 N), F3 (a = 3%, b = 40 N), F4 (a = 5%, b = 40 N), F5 (a = 3%, b = 60 N). Hasil uji sifat fisik dianalisa menggunakan uji statistik ANOVA dengan taraf kepercayaan 95%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap peningkatan kekerasan dapat meningkatkan waktu disintegrasi, meningkatkan waktu pembasah, menurunkan nilai kerapuhan, dan menurunkan pelepasan obat. Primellose® pada konsentrasi lebih dari 1% akan meningkatkan kerapuhan, Primellose® pada konsentrasi lebih dari 1% dan kurang dari 5% dapat mempercepat waktu disintegrasi dan waktu pembasah.

×
Penulis Utama : Chaterin Romauli Siagian
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3512007
Tahun : 2015
Judul : Pengaruh Variasi Konsentrasi Primellose® dan Faktor Kekerasan Terhadap Sifat Fisik Fast Disintegrating Tablet Meloksikam Dalam Kompleks Inklusi ß-Siklodestrin
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. MIPA - 2015
Program Studi : D-3 Farmasi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. MIPA Prog. Diploma III Farmasi - M3512007 - 2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Fea Prihapsara S.Farm,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.