Penulis Utama : F. Chrysnha Pradipha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0210020
Tahun : 2015
Judul : Gambaran budaya timur-barat dalam cerpen seribu kunang-kunang di Manhattan karya Umar Kayam: Tinjauan Sosiologi Sastra
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS-FIB Jur. Sastra Indonesia-C0210020 -2015
Subyek : CERPEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana gambaran budaya Timur-Barat yang terdapat dalam cerpen SKKM karya Umar Kayam? 2) Bagaimana pro-kontra interaksi sosial budaya Timur-Barat yang terdapat dalam cerpen SKKM karya Umar Kayam? 3) Bagaimana pandangan Umar Kayam terhadap budaya Timur-Barat dalam cerpen SKKM karya Umar Kayam? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan budaya TimurBaratdalam cerpen SKKM karya Umar Kayam (2) Mendeskripsikan pro-kontra interaksi sosial budaya Timur-Barat dalam cerpen SKKM karya Umar Kayam (3) Mendeskripsikan pandangan Umar Kayam terhadap budaya Timur-Barat dalam cerpen SKKM karya Umar Kayam.
Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Sumber  data pada penelitian ini, yaitu berupa teks cerpen SKKM karya Umar Kayam. Data penelitian ini berupa: kata, frasa, kalimat, dan dialog antartokoh berkaitan dengan interaksi sosial budaya dalam cerpen SKKM. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka dan teknik analisis data penelitian ini bersifat analisis interaktif.
Simpulan pada penelitian ini adalah 1) Gambaran budaya TimurBarat dalam cerpen SKKM. Gambaran budaya Timur antara lain: nama Jawa yang dimiliki Marno, kelompok sosial ekonomi orang Jawa digambarkan Marno wakil wong cilik yang maju, struktur sosial orang Jawa (tiga dimensi sosial), dan perasaan orang Jawa yang dimiliki Marno. Gambaran budaya Barat antara lain: budaya minum dan nilai-nilai inti tradisional Amerika. 2) Pro-kontra interaksi sosial budaya Timur-Barat dalam cerpen SKKM. Pro ditunjukkan oleh Marno dan Jane yang saling terbuka dengan kebudayaan asing. Kontra ditunjukkan dengan sikap nrimo Marno berlawanan dengan idealisme Jane dan sikap aji Marno berlawanan dengan hidup bebas Jane. 3) Pandangan Umar Kayam terhadap budaya Timur-Barat dalam cerpen SKKM. Pandangan Umar Kayam terhadap budaya Timur antara lain: Umar Kayam memandang nama Jawa “Marno” adalah tanpa arti dan sesederhana mungkin sebagai wakil dirinya atau budaya Jawa, memandang wong cilik maju sebagai status Marno, memandang orang Jawa memiliki struktur sosial orang Jawa (tiga dimensi sosial), memandang orang Jawa memiliki sebelas dari tiga belas perasaan orang Jawa, dan memandang orang Jawa yang pro (luwes dan terbuka) dan orang Jawa yang kontra (nrimo dan aji) terhadap Barat. Pandangan Umar Kayam terhadap Barat dalam SKKM antara lain: memandang Amerika sebagai negara liberalis (bebas) karena minuman beralkohol tidak dilarang, memandang orang Amerika yang bersikap dan berperilaku beragam, dan memandang orang Amerika yang pro (menerima keanekaragaman) dan kontra (idealisme tinggi) terhadap budaya Timur.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
1. HALAMAN JUDUL.pdf
3. BAB II.pdf
4. BAB III.pdf
5. BAB IV.pdf
6. BAB V.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Albertus Prasojo, M.Sn.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya