Penulis Utama : Didik Daniyantara
NIM / NIP : A121308056
×

Didik Daniyantara. A121308056. 2013. Potensi Kondisi Geografis Dan Kehidupan Sosial Budaya Di Daerah Gunung Rinjani Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat Sebagai Medan Pembibitan Dan Pemanduan Bakat Olahraga (Identifikasi Bakat  Olahraga Menggunakan Metode Sport Search pada Anak Usia 11-14 Tahun). TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. Sugiyanto, Pembimbing II: Dr. Diffah Hanim, M.Si. Program Studi Ilmu Keolahragaan. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

ABSTRAK

            Latar belakang: pembibitan dan pemanduan bakat olahraga hendaknya dilakukan pada usia dini dengan menggunakan metode Sport Search. namun identifikasi bakat olahraga dilihat dari segi daerah tempat tinggal, kehidupan sosial berpotensi melahirkan bakat olahraga tertentu. Tujuan: (1) untuk menganalisis potensi kondisi geografis daerah gunung Rinjani sebagai medan pembibitan dan pemanduan bakat olahraga. (2) untuk menganalisis kehidupan sosial budaya di daerah gunung Rinjani sebagai medan pembibitan dan pemanduan bakat olahraga. (3) untuk menganalisis bakat olahraga yang dimiliki oleh anak-anak yang tinggal di daerah  gunung Rinjani dari hasil penerapan metode Sport Search.

            Metode: menggunakan dua pendekatan yakni pendekatan semi kualitatif dan kuantitatif. Observasi, wawancara, dokumen pencatatan asupan gizi (Recall 24 Hours), dan metode Sport Search digunakan untuk mengetahui bakat olahraga.

Hasil: Kondisi alam dan kehidupan sosial budaya masyarakat yang tinggal di daerah gunung Rinjani berpotensi dijadikan tempat pembibitan dan pemanduan bakat suatu cabang olahraga. Aktivitas yang dilakukan oleh penduduk yang tinggal di daerah gunung Rinjani ada kemungkinan berhubungan dengan keberbakatan seseorang dalam berolahraga, contohnya seperti berjalan kaki, dengan kondisi jalan yang tidak rata atau berbukit tentunya akan merangsang perkembangan otot menjadi lebih kuat, dengan kebiasaan berjalan kaki setiap hari, bisa saja akan berpotensi memunculkan bakat olahraga-olahraga yang berkaitan dengan kemampuan gerak kaki yang baik seperti olahraga jalan cepat, lari, lompat tinggi, lompat jauh dan lain-lain. Ada indikasi akan munculnya suatu bakat cabang olahraga yang ditimbulkan dari aktivitas sehari-hari masyarakat yang tinggal di daerah gunung Rinjani. Kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat Rinjani telah membentuk karakter yang berbeda dari penduduk yang tinggal di daerah lain, hal ini tentunya dapat dimanfaatkan untuk pembibitan dan pemanduan bakat olahraga.

Kesimpulan: (1) Masyarakat yang tinggal di daerah gunung Rinjani memiliki kondisi fisik yang cukup baik, terutama pada ekstremitas bawah atau kekuatan otot kaki dan sistem pernafasan yang baik sehingga berpotensi untuk diarahkan pada cabang olahraga yang sesuai dengan karakter mereka seperti cabang olahraga atletik.(2) Kebudayaan nyeran (berburu) yang dimiliki oleh penduduk Rinjani mirip dengan gerakan pada cabang olahraga lempar lembing, sehingga berpotensi diarahkan ke cabang olahraga lempar lembing (3). Hasil penerapan aplikasi Sport Search menunjukkan bahwa bakat olahraga anak-anak yang berusia 11-14 tahun di daerah Rinjani adalah olahraga Athletic khususnya Sprint Running.

 

×
Penulis Utama : Didik Daniyantara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121308056
Tahun : 2015
Judul : Potensi Kondisi Geografis Dan Kehidupan Sosial Budaya Di Daerah Gunung Rinjani Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat Sebagai Medan Pembibitan Dan Pemanduan Bakat Olahraga (Identifikasi Bakat Olahraga Menggunakan Metode Sport Search pada Anak Usia 11-14 Tahun)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana Prodi Ilmu Olahraga A121308056-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto
2. Dr. Diffah Hanim, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.