Penulis Utama : Indra Kurniawan
NIM / NIP : S85I402023
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Polanharjo yang mempunyai karaterisktik AQ climber dalam pemecahan masalah matematika pada materi peluang berdasarkan langkah-langkah Wallas, yaitu: persiapan, inkubasi, iluminasi dan verifikasi.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pemilihan subjek dilakukan dengan purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 5 orang siswa kelas XI IPA-2 SMA Negeri 1 Polanharjo, yang kelima siswa tersebut adalah siswa yang berkarateristik AQ climber. Data utama dalam penelitian ini adalah ungkapan siswa, yaitu: ungkapan tertulis dan lisan. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara berbasis tugas. Validitas data yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi waktu. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara: (1) mengelompokkan data  ke dalam tahapan proses berpikir kreatif, yaitu: persiapan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi, kemudian mereduksi data yang tidak termasuk dalam tahapan tersebut, (2) menyajikan data dalam bentuk teks naratif, cara penyajian data adalah pada masing-masing siswa disajikan analisis data pada pengambilan I dan II selanjutnya dilakukan triangulasi waktu untuk mendapatkan persamaan dari keduanya sehingga didapatkan data yang valid, setelah itu dilakukan analisis tentang persamaan dan perbedaan dari  kelima siswa climber, (3) menyimpulkan proses berpikir kreatif siswa climber dalam pemecahan masalah matematika pada materi peluang.
Proses berpikir kreatif siswa climber dalam pemecahan masalah matematika pada materi peluang, adalah: (1) pada tahap persiapan, siswa semangat pada saat diberikan tugas pemecahan masalah. Siswa menyampaikan hal yang diketahui dan ditanyakan secara lengkap dan benar dengan berbagai cara yaitu: (a) menuliskan langkah-langkah dan mengubah ke dalam bentuk pemisalan, (b) hanya menuliskan langkah-langkah pengerjaan, (c) hanya mengubah hal yang diketahui ke dalam bentuk pemisalan,; (2) pada tahap inkubasi, saat memahami peluang suatu kejadian, ada siswa yang: (a) mempraktekkan peluang tersebut, (b) fokus memahami masalah, (c) kurang fokus memahami masalah. Selanjutnya siswa mendapatkan ide dengan membuat diagram lengkap kemudian mengalikan kemungkinan yang terjadi pada peluang pengambilan pertama dan kedua; (3) pada tahap iluminasi, siswa menghitung nilai peluang yang ditanyakan berdasarkan cara diagram lengkap dengan menjumlahkan kemungkinan peluang yang sesuai. Siswa mendapatkan berbagai cara baru, yaitu dengan: (a) diagram tidak lengkap dan rumus peluang, (b) diagram tidak lengkap, (c) rumus peluang. Siswa menjelaskan asal mula cara baru yang didapat. Siswa menyelesaikan permasalahan yang ada dengan cara baru; (4) pada tahap verifikasi, siswa menguji kembali semua hal yang telah dikerjakan dan memeriksa nilai peluang yang telah didapat dengan cara lama dan cara baru didapat hasil jawaban dari kedua cara itu sama dan benar

This study aimed to describe the process of creative thinking of students in XI grade IPA-2 SMA Negeri 1 Polanharjo that have AQ climber characteristic in the mathematics problem solving in probability materials based on Wallas steps, that are: preparation, incubation, illumination and verification.
     The approach used in this study is qualitative approach. The subjects are chosen by using purposive sampling. The subjects of the research were five students in SMA N 1 Polanharjo are AQ climber student characteristic. The main data in this study were written and oral. The collecting data in this study used task based on interview method. The validity of the data used in this study is time triangulation. Data analysis technique used in this research, were: (1) classifying the data into the step of creative thinking process, they are: preparation, incubation, illumination and verification, then reducing data which is not included on categories. (2) presenting the data in narative text, the way of the presenting the data is each of the student presented the analysis data in the first and second taking. Then the next step is time triangulation to get the valid data, after that similarity and difference from the five students are done. (3) concluding the process of creative thinking in the mathematics problem solving in probability materials.
     The process of creative thinking of the climber student in the mathematics problem solving in probability materials, are: (1) in the preparation step, students were enthusiastically when they were given problem solving task. The students explain the case that they knowed and asked in complete and correct with some way, that were: (a) writing the steps and changing into examples, (b) just writing the steps, (c) just changing the case that known in examples; (2) in the incubation step, when the students are understanding probability of event, they: (a)are practising that probability, (b) focus to understand on the problem, (c) less focus to understand on the problem. Then students get an idea by making a complete diagram then multiply the possibilities of occuring on the first and second taking; (3) in the illumination step, student counts probability values are based on complete diagram to sum possibillity of the relevant probability. Students get the new way, that: (a) are the uncomplete diagram and probability formulas, (b) the uncomplete diagram, (c) probability formulas. Students explain the origin of the new way found. Students finish the problem with the new way; (4) in the verification step, students retest all the cases having done befound and corrected the obtained probability values using the old and new way, both of them get the same and correct result.

×
Penulis Utama : Indra Kurniawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S85I402023
Tahun : 2015
Judul : Proses berpikir kreatif siswa climber dalam pemecahan masalah matematika pada materi peluang (penelitian pada siswa kelas XI IPA semester II SMA negeri I Polanharjo tahun ajaran 2014/2015)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi. Pendidikan Matematika-S85I402023-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Tri Atmojo Kusmayadi, M.Sc., Ph.D
2. Dr. Imam Sujadi, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.