Penulis Utama : Rica Iriyanti
NIM / NIP : M3112115
×

Sangiran merupakan situs terpenting untuk perkembangan berbagai bidang ilmu pengetahuan terutama untuk penelitian di bidang antropologi, arkeologi, biologi, paleoantropologi, geologi, dan tentu saja untuk bidang kepariwisataan. Keberadaan Situs Sangiran sangat bermanfaat untuk mempelajari kehidupan manusia prasejarah karena situs ini dilengkapi dengan fosil manusia purba, hasil-hasil budaya manusia purba, fosil flora dan fauna purba beserta gambaran stratigrafinya. Tetapi dalam pemberian informasi edukasi pada Museum Sangiran masih menggunakan media poster dan pamflet. Oleh karena itu penulis berencana mengembangkan media informasi edukasi dengan metode yang lebih interaktif dengan teknologi Augmented Reality.
Aplikasi ini dirancang dan dikembangakan menggunakan metode observasi, studi literatur, wawancara dengan pihak Sangiran, serta kuisioner pengunjung Sangiran untuk pengumpulan data, pembuatan aplikasi seperti design, story board, katalog marker sampai pengembangan aplikasi dan testing. Proyek tugas akhir ini dibuat dengan tujuan untuk memvisualisasikan zaman prasejarah di Museum Sangiran berbasis multimedia dengan menggunakan Augmented Reality Technology serta untuk menguji kemampuan pengunjung mengenai penemuan benda purba di Museum Sangiran
Sangiran is main site to development of various science field especially for research on anthropology, archeology, biology, phaenthology, geology, and difinitely for tourism. The existance of Sangiran’s site is to be usefull to learning of prehistoric human living because of this site is completed by fossil of the ancient people, culture of the ancient pople, flora and fauna’s fossil and stratigraphy’s illustration. The offering of education’s information in Sangiran’s museum is still using posters and pamphlets. So that the writer is planning to developing education’s information media with most interactive method using Augmented Reality technology.
This application is designed and developed by observation method, literature study, interview with Sangiran’s people, and questionnaires os Sangiran’s tourist to collecting data, makin of application such as design, story board, marker’s catalog until developin appliction and testing. This project of the end task is made to visualitation prhistoryc period in Sangiran’s Museum based on  multimedia using Augmented Reality technology also testing.

×
Penulis Utama : Rica Iriyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3112115
Tahun : 2015
Judul : Pembuatan media interaktif edutaiment dengan augmented reality penemuan benda purba di museum purbakala Sangiran
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. MIPA - 2015
Program Studi : D-3 Ilmu Komputer Teknik Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS-F.MIPA Prog. D III Teknik Informatika-M3112115-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Fendi Aji Purnomo, S.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.