Penulis Utama : Gilang Irawan
NIM / NIP : K1509017
×

ABSTRAK
Gilang Irawan, PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN CAD DENGAN MODEL VAK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK SISWA SMKN 1 MIRI. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret 2015.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui perbedaan kompetensi kognitif siswa ditinjau dari perolehan hasil belajar dalam kompetensi dasar menggambar dengan perangkat lunak antara kelompok siswa yang diajar dengan model VAK berbasis media video pembelajaran CAD dengan siswa yang diajar dengan model konvensional. 2) Mengetahui aktifitas belajar siswa ditinjau dari penerapan model pembelajaran VAK berbasis video pembelajaran CAD dan konvensional pada kompetensi dasar menggambar dengan perangkat lunak.
Penelitian ini merupakan quasy eksperiment dengan desain nonequivalent control group. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Populasi penelitian adalah siswa kelas X jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Miri tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari kelas X TGB 1 (29 siswa) sebagai kelas eksperimen dan X TGB 2 (28 siswa) sebagai kelas kontrol. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer didapatkan dari nilai prettest dan posttest, sedangkan sumber data sekunder adalah sumber data yang digunakan untuk mendapatkan data nama siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik tes, observasi dan dokumentasi. Validitas instrumen meliputi : uji validitas butir soal, uji reliabilitas dan daya pembeda. Sebelum dilakukan uji hipotesis, dilakukan uji prasyarat analisis yang meliputi : uji normalitas menggunakan Chi kuadrat, uji homogenitas dengan uji F dan uji kesetimbangan dengan uji t. Analisis data dilakukan dengan uji hipotesis komparatif dua sampel menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukan : 1) Model pembelajaran VAK berbasis video pembelajaran CAD lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa yaitu sebesar 15,46% bila dibandingkan dengan model konvensional yaitu hanya sebesar 3,5% pada kompetensi dasar menggambar dengan perangkat lunak. 2) Aktifitas belajar siswa yang diajar dengan model VAK berbasis video pembelajaran CAD pada tiap pertemuan menunjukan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan aktifitas belajar siswa yang diajar dengan model konvensional.


Kata Kunci : video pembelajaran CAD, model VAK, kompetensi menggambar dengan perangkat lunak

×
Penulis Utama : Gilang Irawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1509017
Tahun : 2015
Judul : PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN CAD DENGAN MODEL VAK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK SISWA SMKN 1 MIRI
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.KIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-F.KIP Jur. PTK/Pendidikan Teknik Bangunan-K.1509017-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Abdul Haris Setyawan, S.Pd., M.Pd
2. Budi Siswanto S.Pd., M.Ars.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.