Penulis Utama : Juitaning Mustika
NIM / NIP : S851402028
×

Juitaning Mustika. S851402028. 2015. Eksperimentasi Model Project Based Learning (PjBL) dan Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) pada Materi Pokok Bangun Ruang Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII SMP Negeri se-Kota Metro Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Pembimbing I: Prof. Drs. Tri Atmojo K, M. Sc. Ph. D. Pembimbing II: Dr. Riyadi, M. Si. Tesis: Program Studi Magister Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) manakah model pembelajaran yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik antara model PjBL, GI atau pembelajaran langsung, (2) manakah yang memiliki prestasi belajar matematika yang lebih baik antara siswa dengan kecerdasan emosional tinggi, sedang atau rendah, (3) pada kecerdasan emosional tinggi, sedang atau rendah, manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik antara pembelajaran dengan model PjBL, GI atau pembelajaran langsung, (4) pada model PjBL, GI atau pembelajaran langsung, manakah yang memiliki prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan kecerdasan emosional tinggi, sedang atau rendah.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3 <!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]-->3. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Kota Metro. Pengambilan sampel dilakukan dengan stratified cluster random sampling. Anggota sampel dalam penelitian ini berjumlah 238 orang dengan rincian 80 orang untuk kelas eksperimen 1, 80 orang untuk kelas eksperimen 2 dan 78 siswa untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar matematika dan angket kecerdasan emosional siswa. Uji prasyarat yang digunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji keseimbangan. Sedangkan uji hipotesis menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama.

Berdasarkan uji hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) model PjBL dapat menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik daripada model GI dan model pembelajan langsung, model GI dapat menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik daripada model pembelajaran langsung, (2) siswa dengan kecerdasan emosional tinggi memiliki prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan emosional sedang dan rendah, siswa dengan kecerdasan emosional sedang memiliki prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan emosional rendah, (3) bagi siswa dengan kecerdasan emosional tinggi dan sedang, model PjBl menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung, sedangkan model PjBL dan model GI menghasilkan prestasi belajar yang sama, model GI dan model pembelajaran langsung menghasilkan prestasi belajar yang sama. Bagi siswa dengan kecerdasan emosional rendah, dengan model PjBL, model GI dan model pembelajaran langsung menghasilkan prestasi belajar yang sama, (4) pada pembelajaran yang menggunakan model PjBL, siswa dengan kecerdasan emosional tinggi memiliki prestasi belajar lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan emosional rendah, dan siswa dengan kecerdasan emosional sedang memiliki prestasi belajar lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan emosional rendah, sedangkan siswa dengan kecerdasan emosional tinggi dan siswa dengan kecerdasan emosional sedang memiliki prestasi belajar yang sama. Pada pembelajaran yang menggunakan model GI, siswa dengan kecerdasan emosioanl tinggi memiliki prestasi belajar lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan emosional rendah. Sedangkan siswa dengan kecerdasan emosional tinggi dan siswa dengan kecerdasan emosional sedang memiliki prestasi belajar yang sama, siswa dengan kecerdasan emosional sedang dan siswa dengan kecerdasan emosional rendah memiliki prestasi belajar yang sama. Pada pembelajaran dengan model pembelajaran langsung, siswa dengan kecerdasan emosional tinggi, siswa dengan kecerdasan emosional sedang dan rendah memiliki prestasi belajar yang sama.

×
Penulis Utama : Juitaning Mustika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851402028
Tahun : 2015
Judul : Eksperimentasi Model Project Based Learning (PjBL) dan Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) pada Materi Pokok Bangun Ruang Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII SMP Negeri se-Kota Metro Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 20
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana Prodi MAtematika S851402028-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Tri Atmojo K, M. Sc. Ph. D
2. Dr. Riyadi, M. Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.