Penulis Utama : Meirdhania Andina
NIM / NIP : S501102040
×

Meirdhania Andina, NIM. S 501102040. 2015. PENGARUH PREEKLAMSIA TERHADAP KEJADIAN NEUTROPENIA PADA BAYI PREMATUR BERAT LAHIR RENDAH. Tesis. Pembimbing I : Prof. Dr. dr. Bambang Soebagyo, Sp.A(K), II: dr. Ganung Harsono, Sp.A (K). Program Studi Kedokteran Keluarga Minat Utama Ilmu Biomedik. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

 

Latar Belakang. Neutropenia pada bayi prematur berat lahir rendah seringkali menjadi permasalahan yang timbul terutama dari ibu dengan preeklamsia. Risiko terjadinya neutropenia meningkat pada prematuritas, bayi berat lahir sangat rendah sekitar 50% terjadi pada saat menjelang usia satu minggu. Preeklamsia maternal dapat mempengaruhi kejadian neutropenia pada bayi premature beratlahir rendah dimana terjadi keadaan patologis dari plasenta.

Metode. Penelitian ini merupakan studi kasus kontrol yang dilakukan pada bayi prematur berat lahir rendah yang dilahirkan dari ibu preeklamsia maupun non preeklamsia di RS DR. Moewardi dari Oktober 2014 sampai Maret 2015. Hubungan antara preeklamsia dan kejadian neutropenia dianalisis menggunakan uji Chi kuadrat. Analisis regresi logistik digunakan untuk mengertahui faktor risiko yang berpengaruh terhadap kejadian neutropenia dari ibu preeklamsia dan menurut jenis kelamin.

Hasil. Dari 45 anak yang ikut dalam penelitian,  23 anak berjenis kelamin laki-laki dan 22 anak berjenis kelamin perempuan memenuhi kriteria inklusi. Uji Chi-kuadrat mengenai hubungan preeklamsia dengan kejadian neutropenia pada subjek menunjukkan tidak adanya hubungan yang signifikan secara statistik (p=0.758). Uji Chi-kuadrat mengenai hubungan jenis kelamin bayi dengan kejadian neutropenia menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan secara statistik (p=0.297). Analisis regresi logistik menunjukkan bahwa preeklamsia dan jenis kelamin bukan merupakan faktor risiko kejadian neutropenia (p=0.374).

Kesimpulan. Pada penelitian ini didapatkan hasil tidak terdapat pengaruh ibu preeklamsia terhadap kejadian neutropenia pada bayi berat lahir rendah prematur. Preeklamsia dan jenis kelamin bayi bukan merupakan faktor risiko kejadian neutropenia.

×
Penulis Utama : Meirdhania Andina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S501102040
Tahun : 2015
Judul : Pengaruh Preeklamsia Terhadap Kejadian Neutropenia Pada Bayi Prematur Berat Lahir Rendah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Biomedik
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana Prodi Mkk S501102040-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. dr. Bambang Soebagyo, Sp.A(K)
2. dr. Ganung Harsono, Sp.A (K)
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.