Penulis Utama : Vector Stephen Dewangga
NIM / NIP : S901308006
×

Vector Stephen Dewangga. S901308006. 2015. Karakterisasi Isolat Aktif Daun Sirsak (Annona muricata L.) dan Uji Sitotoksisitas Isolat Aktifnya terhadap Sel HeLa. Tesis. Pembimbing I: Prof. Dr. Okid Parama Astirin, M.S, Pembimbing II: Dr. Tetri Widiyani, M.Si. Program Studi Biosain. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.
ABSTRAK
Indonesia merupakan negara kedua di dunia setelah Cina yang memiliki penderita kanker serviks terbanyak, kanker ini disebabkan oleh infeksi dari Human Papilloma Virus (HPV). Sebagian besar obat-obat kemoterapi kanker memiliki efek samping berupa kerusakan-kerusakan pada jaringan yang masih sehat. Penelitian in vitro mengenai ekstrak kasar dan fraksi dari daun sirsak (Annona muricata L.) telah menunjukkan hasil yang efektif dalam menghambat pertumbuhan kanker serviks. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui nilai Inhibition Concentration 50 (IC50) dari isolat teraktif yang diujikan pada sel HeLa dan menemukan struktur kimia dari isolat teraktif dari A. muricata L. yang dideteksi dengan Fourier Transform Infra Red (FT-IR) dan spektrofotometer Ultraviolet-Visible (UV-Vis).
Pencarian isolat teraktif daun A. muricata L. diawali dengan metode perkolasi menggunakan pelarut etanol 96%. Perkolat kemudian difraksinasi dengan kloroform-etil asetat (9:1 v/v), hingga diperoleh bercak tunggal pada KLT yang menandai keberadaan isolat teraktif. Isolat teraktif dikarakterisasi dengan menggunakan FT-IR dan spektrofotometer UV-Vis. Selanjutnya dilakukan uji sitotoksisitas isolat teraktif pada sel HeLa untuk dapat diketahui nilai IC50.
Hasil penelitian menunjukkan keberadaan metabolit sekunder terpenoid dan steroid pada fraksi teraktif daun A. muricata L. Dari FT-IR dijumpai 16 titik serapan, serapan pada 1.743,72 cm-1 menunjukkan keberadaan gugus lakton yang berasal dari gugus C=O pada γ–butirolakton. Dari spektrofotometer UV-Vis, dijumpai titik absorbansi maksimal pada panjang gelombang 210 nm, 213 nm dan 216-234 nm, yang menunjukkan adanya gugus ketolakton dari ikatan rangkap C=C, C=O, serta ikatan tunggal C-O yang menunjukkan adanya gugus tetrahidrofuran yang berasal dari ikatan C-O-C. Isolat teraktif fraksi kloroform-etil asetat daun A. muricata L. memiliki nilai IC50 sebesar 77,096 μg/ml terhadap sel HeLa, yang berarti potensial untuk menghambat proliferasi sel HeLa.

×
Penulis Utama : Vector Stephen Dewangga
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S901308006
Tahun : 2015
Judul : Karakterisasi Isolat Aktif Daun Sirsak (Annona muricata L.) dan Uji Sitotoksisitas Isolat Aktifnya terhadap Sel HeLa.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Biosains
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana Prodi Biosain S901308006 -2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Okid Parama Astirin, M.S,
2. Dr. Tetri Widiyani, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.