Penulis Utama : Rachel Georghea Sentani
NIM / NIP : E0011251
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi peran negara dalam kasus TKI Satinah di Arab Saudi pada tahun 2007 dan hambatan-hambatan serta upayaupaya yang dilakukan pemerintah dalam proses perlindungan terhadap kasus TKI Satinah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif bersifat preskriptif dan terapan dengan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan kasus. Bahan hukum penelitian ini  menggunakan bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum melalui studi kepustakaan atau studi dokumen (library research), yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik deduksi berdasarkan metode penalaran deduktif. Kesimpulan penelitian ini adalah dalam optimalisasi peran negara dalam melindungi hak warga negara yang melakukan tindak pidana di luar negeri pada kasus TKI Satinah dilakukan dengan memfokuskan pada upaya permohonan pengampunan dari keluarga/ahli waris korban. Proses ini menemui beberapa hambatan yang muncul dari adanya perbedaan sistem negara maupun dari pemerintah serta TKI itu sendiri yang ditangani dengan  meningkatkan upaya diplomasi serta beberapa mekanisme kebijakan lain.

Kata kunci : peran negara, perlindungan warga negara, TKI

This research aims to determine how the state optimize its protecting role in the case of an Indonesian migrant worker named Satinah on 2007 and also to identify what barriers that the State met in order to protect Satinah’s individual right and how the State overcome those barriers. This research is a normative research viewed from prescriptive with statute and case approach. This research is using primary legal materials and secondary legal materials. The legal materials collected through library research and study of the document which is then
analyzed using a technique based on the method of deductive reasoning deduction. The result shows that in order to optimize state’s protecting role in Satinah’s case, the State is focusing in how to get pardon form the murder victim’s family. This effort met some barriers including different state’s system, barriers from the government and the migrant worker it self. The state tried to overcome these barriers with diplomacy and some other policies.

Keywords : state’s role,protection of citizen, Indonesian Migrant Worker

 

×
Penulis Utama : Rachel Georghea Sentani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0011251
Tahun : 2015
Judul : Optimalisasi Peran Negara Dalam Melindungi Hak Warga Negara Yang Melakukan Tindak Pidana Di Luar Negeri (Studi Kasus Tenaga Kerja Indonesia Satinah Di Arab Saudi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2015
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum-E0011251-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Lestari Rahayu, S.H.,M.Hum.
2. Siti Muslimah, S.H.,M.H.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.