Penulis Utama : Adi Perdana
NIM / NIP : D0110003
×

Salah  satu  sektor  perdagangan  yang  terus  dikembangkan  oleh  pemerintah  adalah pasar. Pasar tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia yang mayoritas   penduduknya kalangan menengah kebawah. Dengan pembangunan dan modernisasi  pasar tradisional, pemerintah juga perlu melakukan penataan pedagang guna menciptakan suatu kondisi yang nyaman dan rapi di dalam pasar tersebut. Dalam penataan tersebut diperlukan suatu strategi pemberdayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemberdayaan dalam penataan pedagang Pasar Wisata Tawangmangu oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Karanganyar juga berbagai faktor pendukung dan penghambatnya
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan teknik  pengambilan sampel berupa purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan teknik  wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji validitas data menggunakan triangulasi data. Untuk analisa data menggunakan proses yang berupa reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan.
Dalam penataan pedagang Pasar Wisata Tawangmangu, Dinas Perindagkop dan UMKM  melaksanakan suatu strategi pemberdayaan. Strategi tersebut meliputi enabling (penciptaaan suasana kondusif), empowering (penguatan kapasitas dan kapabilitas), protecting (perlindungan dari ketidakadilan), supporting (pemberian bimbingan dan dukungan), dan forresting ( pemeliharaan kondusifitas ). Dalam penataan pedagang terdapat faktor pendukung berupa tupoksi yang jelas dari pemerintah dan juga keaktifan paguyuban pedagang dalam membantu proses penataan pedagang. Terdapat pula faktor penghambat yang berupa kurangnya kesadaran pedagang akan pentingnya penataan pedagang dan juga pedagang dadakan yang seenaknya menggelar barang dagangan.

Kata Kunci : Strategi, Pemberdayaan, Penataan Pedagang

One of the trade sector continues to be developed by the government is the market. The market can not be separated from daily life of Indonesian society predominantly middle class down. With the development and modernization of traditional markets, the government also needs to make the arrangement of merchants to create a comfortable and tidy condition in the market. In the arrangement required an empowerment strategy. This research aims to determine how the empowerment strategy in structuring Travel Market traders Tawangmangu by Karanganyar Regency?s Industry, Commerce, Cooperative, And Micro-and Middle-Scale Business Office and various factor that support and inhibit the development.
This research used descriptive qualitative method. The research?s sample were taken by using a purposive sampling technique. The data were gathered through interview, observation, and  documentation. For validated the data were using data triangulation. To analyzed  the  data  using  process  which  consisting  data  reduction,  data  display,  and verification.
In the arrangement of Tourism Market traders Tawangmangu, the Office of Industry, Commerce, Cooperative, And Micro-and Middle-Scale Business implement an empowerment strategy. The strategy includes enabling, empowering, protecting, supporting, and forresting. In the arrangement of traders are supporting factors such as clear duties and functions, and also liveliness of traders internal organization. There is also a limiting factor in the form of a lack of awareness of the importance of structuring merchant traders and also traders who wishes to hold impromptu merchandise.

Keywords: Strategy, Empowerment, Structuring Trader

×
Penulis Utama : Adi Perdana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0110003
Tahun : 2015
Judul : Strategi Pemberdayaan Dalam Penataan Pedagang Pasar Wisata Tawangmangu Oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Dan UMKM Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2015
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Jurusan Ilmu Administrasi-D0110003-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Marsudi, M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.