Penulis Utama : Miftahful Purnanda Puspasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0509046
Tahun : 2015
Judul : Sistem rekomendasi makanan pendamping air susu ibu (mpasi) dengan metode naïve bayes dan aturan mpasi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.MIPA - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS-F.MIPA Jur. Informatika-M0509046-2015
Subyek : AIR SUSU IBU
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Makanan pendamping ASI (MPASI) harus mulai diberikan kepada bayi usia 6-24 bulan untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan bayi. Dalam pemberian MPASI seharusnya bayi selalu diperkenalkan bahan makanan baru sesuai usia bayi agar makanannya bervariasi. Namun reaksi yang ditimbulkan dari bahan makanan tersebut berbeda-beda pada setiap bayi, salah satunya adalah alergi.
Untuk itu pada penelitian ini dibangun sebuah sistem rekomendasi yang dapat memberikan masukan resep MPASI kepada ibu dengan memperhatikan konten bahan makanan di dalamnya terkait bahan baru yang sesuai dengan usia bayi dengan memperhatikan faktor alerginya.
Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, analisa penerapan metode Naïve Bayes dan aturan pemberian MPASI dalam sistem rekomendasi content-based, implementasi, dan evaluasi kepuasan user.
Pada penelitian ini berhasil dibangun sistem rekomendasi yang menghasilkan menu dengan bahan baru dan metode Naïve Bayes.  Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa pengujian akurasi rekomendasi sebesar 80.36% dan rating tingkat kepuasan dari 30 user dihitung dengan skala likert 1 sampai 5 yang menghasilkan rating 4.37 untuk tampilan aplikasi, 3.8 untuk informasi yang diberikan dan 4.13 untuk keberlanjutan penggunaan.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
cover_1.pdf
bab1_1.pdf
bab2_1.pdf
bab3_1.pdf
bab4_1.pdf
bab5_1.pdf
miftaful018.jpg
M0509046 - JURNAL.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Umi Salamah
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA