Penulis Utama : Retno Palupi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S541208067
Tahun : 2015
Judul : Hubungan Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Sikap Pengguna dengan Penggunaan Aktual Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS).
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana Prodi MKK S541208067-2015
Subyek : SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Retno Palupi S541208067. 2015. Hubungan Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Sikap Pengguna dengan Penggunaan Aktual Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). Tesis. Pembimbing I : Prof. Dr. Sunardi, M. Sc, II: Dr. Nunuk Suryani, M. Pd. Program Studi Magister Kedokteran Keluarga Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

 

Latar Belakang : Sistem informasi baru biasanya memerlukan proses transisi dalam penerimaannya, yang bagi beberapa penggunanya menimbulkan konflik dalam proses adaptasi. Terhambatnya proses adaptasi ini terjadi karena adanya kecenderungan perbedaan persepsi mengenai manfaat, kemudahan dan sikap terhadap system informasi baru untuk dioperasikan.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan dan sikap terhadap penggunaan aktual Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS).

Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasinya adalah karyawan yang menggunakan system informasi manajemen rumah sakit di RSO Prof. dr. R. Soeharso Surakarta, sedangkan sampel dalam penelitian ini dipilih secara purposive sampling sebanyak 60 user. Variabel dependen adalah penggunaan aktual SIMRS, sedangkan variabel independen adalah persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan dan sikap pengguna. Instrumen untuk mengukur adalah menggunakan kuesioner yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Data dianalisis dengan uji regresi linier berganda, pengolahan data menggunakan program SPSS versi 16.

Hasil : Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel persepsi manfaat berkategori cukup baik ( 61,67%), variabel persepsi kemudahan penggunaan berkategori cukup baik (51,7%), dan variable sikap pengguna memiliki kategori cuup baik (65%). Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa variabel persepsi kemudahan penggunaan berhubungan dengan penggunaan aktual SIMRS nilai p = 0.000 (< 0,05), sedangkan variabel persepsi manfaat dan sikap pengguna tidak berhubungan dengan penggunaan aktual SIMRS. Untuk hasil analisis dengan uji F menunjukkan ada hubungan antara persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, sikap pengguna secara bersama-sama terhadap penggunaan aktual SIMRS dengan nilai p = 0.000 (< 0,05), dan koefisien korelasi sebesar 0,629.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Tesis Retno Palupi.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sunardi, M. Sc
2. Dr. Nunuk Suryani, M. Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP