Penulis Utama : Krisna Bintang Wahyudimantono
NIM / NIP : M3512027
×

INTISARI
Campuran interaktif menguntungkan untuk obat berdosis rendah untuk menjamin homogenitas dan stabilitas campuran. Penambahan bahan pelicin pada campuran interaktif dapat menyebabkan peristiwa segregasi atau redistribusi bahan aktif dengan pembawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan pelicin terhadap sifat fisik dan pelepasan obat nifedipin dalam sistem campuran interaktif biner menggunakan bahan pelicin magnesium stearat, Pruv®, Cab-O-Sil®.
Penentuan homogenitas dilakukan plot antara banyaknya putaran dan nilai koefisien variasi (%). Pencampuran antara host dan nifedipin dilakukan pencampuran pada 100-1600 putaran. Pembuatan tablet menggunakan metode kempa langsung dengan menggunakan variasi bahan pelicin magnesium stearat, Pruv®, Cab-O-Sil® sebanyak 1% dengan 100 putaran. Data yg diperoleh berupa sifat fisik meliputi kekerasan, kerapuhan, keseragaman sediaan, waktu hancur dan pelepasan obat diAnalisis menggunakan statistik dengan menggunakan metode ANOVA satu jalan dengan taraf kepercayaan 95%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa magnesium stearate , Pruv® dan Cab-O-Sil® mempengaruhi hasil sifat fisik tablet nifedipin. Cab-O-Sil® mempengaruhi pelepasan obat nifedipin dikarenakan hidrofobisitasnya. Bahan pelicin paling baik adalah Pruv® dalam sifat fisik tablet dan pelepasan obat nifedipin.

×
Penulis Utama : Krisna Bintang Wahyudimantono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3512027
Tahun : 2015
Judul : Perbandingan Magnesium Stearat, Cab-O-Sil®, PRUV® dalam Sistem Campuran Interaktif terhadap Sifat Fisik dan Pelepasan Tablet Nifedipin
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. MIPA - 2015
Program Studi : D-3 Farmasi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. MIPA Prog. Diploma III Farmasi - M 3512027 - 2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sholichah Rohmani, S.Farm., M.Sc. Apt,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.