Penulis Utama : Rony Adi Kurniawan
NIM / NIP : F0210120
×

ABSTRAK
ANALISIS BEHAVIOR SEGMENTATION KONSUMEN SMARTPHONE (Studi Pada Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Oleh:
RONY ADI KURNIAWAN
NIM: F0210120
Segmentasi pasar yaitu proses membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok yang homogen. Penelitian ini fokus pada segmentasi pasar dengan menggunakan pendekatan perilaku. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta yang menggunakan smartphone. Jumlah responden sebanyak 150 orang yang diambil dengan menggunakan teknik Convenience Sampling. Data diuji dengan menggunakan Hierarchical Cluster Analysis dengan menggunakan software SPSS 21.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen smartphone terbagi menjadi empat segmen. Segmen pertama disebut Pragmatic Consumers dengan ciri mementingkan aspek keselamatan penggunaan, fungsi, kepraktisan dan daya tahan, serta kualitas layanan. Segmen kedua disebut Price-conscious Consumers dengan ciri mementingkan aspek harga dan kondisi pembayaran. Segmen ketiga disebut Multimedia Geeks Consumers dengan ciri mementingkan aspek teknologi dan fitur fisik. Segmen keempat disebut Charismatic Consumers dengan ciri mementingkan aspek sosial, citra dan trendi.
Penelitian ini memiliki keterbatasan pada obyek penelitian yang cenderung kurang heterogen yaitu mahasiswa. Hal ini berdampak pada terbatasnya generalisasi hasil penelitian. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengeliminasi keterbatasan pada penelitian ini.
Kata Kunci: Segmentasi, Segmentasi Perilaku, Analisis Cluster, Pragmatic Consumers, Multimedia Geeks Consumers, Price-conscious Consumers, Charismatics Consumers.

×
Penulis Utama : Rony Adi Kurniawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0210120
Tahun : 2015
Judul : ANALISIS BEHAVIOR SEGMENTATION KONSUMEN SMARTPHONE (Studi Pada Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Ekonomi - 2015
Program Studi : S-1 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Ekonomi Jur. Manajemen-F.0210120-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Haryanto SE, M.Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.