Penulis Utama : Hasti Sulaiman
NIM / NIP : S861308034
×

Hasti Sulaiman, S861308034.2015.Penerapan Model Contxtual Teaching and Learning (CTL) Dengan Media Visualisasi Situs Pengasingan Soekarno Di Ende Untuk Menanamkan Kecintaan Terhadap Peninggalan Sejarah Pada Siswa Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Anaraja. Tesis. Pembimbing I : Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd, M.Hum. II : Dr, Djono, M.pd, Program studi Pendidikan Sejarah Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

ABSTRAK

          Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan model pembelajaran Contxtual Teaching and Learning (CTL) dengan media visualisasi situs pengasingan Soekarno di Ende untuk menanamkan kecintaan terhadap peninggalan sejarah pada siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Anaraja.

Penelitian ini dilaksanakan dengan metode classroom action research berupa perlakuan (treatment) dalam tiga siklus dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Subyek penelitian ini adalah kelas XI IPS Madrah Aliyah Anaraja, yang berjumlah 23 orang. Data penelitian diproleh dari hasil pengamatan kegiatan pembelajaran, informan (siswa, guru dan kepala sekolah), dokumen arsip dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Pembelajaran dilaksanakan melalui 7 langkah dengan menggunakan kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik meliputi : Langakah 1) Mengamati (langakah 1 dan 5 CTL). Langkah 2) Menanya (langkah 2 dan 3 CTL). Langkah 3) Membuat jejaring (Langkah 4 CTL). Langkah 4) Menalar (langkah 2 CTL). Langkah 5) Mencoba (langkah 6 dan 7 CTL). Tindakan pembelajaran dilakukan dengan tiga siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu : 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Dokumen, 4) Tes, 5) Angket.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menerapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media visualisasi situs pengasingan Soekarno di Ende dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan menanamkan kecintaan terhadap peninggalan sejarah. Hasil belajar yang dicapai pada siklus I memperoleh ketuntasan 56,52% , siklus II meningkat 73,91% dan siklus III meningkat mencapai 91,30%. Sedangkan melalui angket diperoleh kecintaan terhadap peninggalan sejarah pada siklus I 60,86% , pada siklus II 78,26% dan pada siklus III mencapai 95,65%.

×
Penulis Utama : Hasti Sulaiman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861308034
Tahun : 2015
Judul : Penerapan Model Contxtual Teaching and Learning (CTL) Dengan Media Visualisasi Situs Pengasingan Soekarno Di Ende Untuk Menanamkan Kecintaan Terhadap Peninggalan Sejarah Pada Siswa Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Anaraja
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana Prodi Pendidikan Sejarah S861308034-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd, M.Hum.
2. Dr, Djono, M.pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.